Jaringan Kami
M-Syariah
Contact Center
  • Produk

    Individu

    Bisnis

    Simpanan
    Pembiayaan
    Kartu Debit
    Kartu Pembiayaan
    Loyalty & Benefit
    Donasi dan Amal
    Simpanan
    Pembiayaan
  • Digital Banking
    M-Syariah
    Virtual Account
    Cash Management Services
    Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    Bancassurance
    Reksadana
  • Layanan
    BI-RTGS
    SKNBI
    BI FAST
    Bank Garansi
    Transfer Online
    LC & SKBDN
    Safe Deposit Box (SDB)
    Remittance
    ATM
  • Tentang Kami

    Profil Perusahaan

    Profil Manajemen

    Laporan Keuangan Perusahaan

    CSR

    Karir

    Sejarah Perusahaan
    Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    Struktur Organisasi
    Struktur Kepemilikan
    Struktur CT Corp
    Keunggulan BMS
    Penghargaan
    Dewan Komisaris
    Dewan Direksi
    Dewan Pengawas Syariah
    Pejabat Eksekutif
    Sekretaris Perusahaan

    Tata Kelola Perusahaan

    Pelaksanaan Tata Kelola
    Laporan Eksposur Risiko
    Laporan Pengaduan Nasabah
    WhistleBlowing System
    Laporan Tahunan
    Laporan Keberlanjutan
    Laporan Bulanan
    Laporan Triwulanan
    Laporan Keuangan Tahunan
    Laporan Keuangan Induk
    Laporan Tahunan Entitas Induk
    Kebijakan CSR
    Kegiatan CSR BMS
    Mega Syariah Berbagi
  • Artikel
    Berita
    Edukasi & Tips
  • Promosi
x
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Investasi di Deposito Berkah Digital, Dapatkan Extra Berkah dengan Total Benefit Hingga 6% p.a!
Donasi dan Amal
CMS
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Investasi di Deposito Berkah Digital, Dapatkan Extra Berkah dengan Total Benefit Hingga 6% p.a!
Donasi dan Amal
CMS
  • Produk
    • Individu
    • Simpanan
    • Pembiayaan
    • Kartu Debit
    • Kartu Pembiayaan
    • Loyalty & Benefit
    • Donasi dan Amal
    • Bisnis
    • Simpanan
    • Pembiayaan
  • Digital Banking
    • M-Syariah
    • Virtual Account
    • Cash Management System
    • Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    • Bancassurance
    • Reksadana
  • Layanan
    • BI-RTGS
    • SKNBI
    • BI FAST
    • Bank Garansi
    • Transfer Online
    • LC & SKBDN
    • Safe Deposit Box (SDB)
    • Remittance
    • ATM
  • Tentang Kami
    • Profil Perusahaan
    • Sejarah Perusahaan
    • Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    • Struktur Organisasi
    • Struktur Kepemilikan
    • Struktur CT Corp
    • Keunggulan BMS
    • Penghargaan
    • Profil Manajemen
    • Dewan Komisaris
    • Dewan Direksi
    • Dewan Pengawas Syariah
    • Pejabat Eksekutif
    • Sekretaris Perusahaan
    • Laporan Keuangan Perusahaan
    • Laporan Tahunan
    • Laporan Keberlanjutan
    • Laporan Bulanan
    • Laporan Triwulanan
    • Laporan Keuangan Tahunan
    • Laporan Keuangan Induk
    • Laporan Tahunan Entitas Induk
    • Tata Kelola Perusahaan
    • Pelaksanaan Tata Kelola
    • Laporan Eksposur Risiko
    • Laporan Pengaduan Nasabah
    • WhistleBlowing System

    • CSR
    • Kebijakan CSR
    • Kegiatan CSR BMS
    • Mega Syariah Berbagi

    • Karir
  • Artikel
    • Berita
    • Edukasi & Tips
  • Promosi
  1. Edukasi & Tips
  2. Digital Banking
  • Edukasi Menarik Lainnya
  • 10 Rekomendasi Makanan Enak di Turki yang Wajib Anda Coba!
  • Apa Itu IHSG? Kenali Definisi, Istilah dan Perannya Bagi Investor
  • Intermittent Fasting: Definisi, Manfaat, & Prosedur Penerapannya
  • Lihat Semua Artikel >>
  • Mobile Banking: Fungsi, Keunggulan, hingga Tips Bertransaksi

    11 Januari 2024 | Tim Bank Mega Syariah

    Mobile banking menjadi bukti nyata perkembangan teknologi yang begitu cepat namun tetap memberikan dampak positif bagi manusia tanpa terkecuali. Setiap nasabah perbankan dimanjakan dengan proses transaksi keuangan dan pembayaran yang begitu cepat hanya melalui smartphone.

    Anda dapat melakukan transaksi keuangan dan transaksi perbankan apa saja, di mana saja dan kapan saja melalui mobile banking. Kemudahan bertransaksi ini jauh lebih memudahkan Anda yang sering berbelanja online atau sebagai pedagang UMKM.

    Mari simak penjelasan selengkapnya tentang apa itu mobile banking, fungsi dan manfaatnya, keunggulan dan kelemahannya serta fitur-fitur umum.

    Mengenal Apa Itu Mobile Banking

    Mengutip dari Investopedia, mobile banking adalah tindakan bertransaksi keuangan melalui perangkat seluler seperti ponsel atau tablet.

    Sementara menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pengertian mobile banking alias m-banking yaitu sebagai kegiatan transaksi perbankan melalui media handphone dalam bentuk aplikasi m-Banking ataupun aplikasi bawaan operator seluler.

    Mobile banking dan internet banking memiliki pemahaman yang berbeda. Internet banking adalah fasilitas yang bisa digunakan nasabah untuk bertransaksi perbankan dengan memanfaatkan jaringan internet kapan saja dan di mana saja.

    I-banking bisa nasabah akses melalui browser seperti Google Chrome. Sedangkan mobile banking merupakan aplikasi khusus sehingga Anda perlu download terlebih dulu di smartphone.

    Fungsi dan Manfaat Mobile Banking

    Fungsi dan manfaat yang paling krusial dari layanan m-banking yaitu kemudahan transaksi yang dilakukan nasabah di mana saja dan kapan saja.

    Apalagi di tengah tren cashless saat ini. Anda tak perlu repot membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Ada banyak merchant yang menyediakan layanan pembayaran non tunai melalui QRIS atau Quick Response Code Indonesia Standard.

    Lalu, ada juga fitur tarik tunai tanpa kartu yang bisa Anda manfaatkan. Cara kerjanya hanya tinggal mengikuti langkah-langkah melalui m-banking tersebut.

    Lalu cari mesin ATM terdekat untuk melanjutkan proses tarik tunai menggunakan kode khusus yang dapat diakses melalui aplikasi.

    Tak ketinggalan transaksi pembayaran tagihan, memeriksa saldo rekening hingga riwayat transaksi atau mutasi rekening. Anda juga bisa mendapatkan laporan aktivitas keuangan untuk nasabah kartu debit maupun kartu kredit.

    Keunggulan Transaksi via M-Banking

    Keunggulan bertransaksi melalui mobile banking atau m-banking yaitu mudah diakses hanya dengan mengandalkan konektivitas internet di smartphone.

    Penjelasan setiap fitur di dalamnya mudah dioperasikan dan fleksibel karena tidak memerlukan waktu cukup panjang untuk melakukan transaksi keuangan.

    Sistem keamanan keuangannya juga telah terjamin karena setiap bank telah memprogram kode akses khusus yang hanya nasabah pemilik rekeningnya yang bisa mengakses.

    Saat ini rata-rata perbankan, baik syariah maupun konvensional, menyediakan layanan digital ini. Jika ingin terhubung dengan produk dan layanan yang sesuai syariah, Anda bisa memilih mobile banking syariah yang disediakan bank syariah.

    Fitur dan Layanan dalam Mobile Banking

    Secara umum, berikut ini fitur-fitur yang ada di setiap m-banking dari perusahaan bank, di antaranya sebagai berikut.

    1. Pilihan Metode Transfer Lengkap

    M-Banking memiliki metode transfer lengkap seperti:

    • Sistem kliring nasional atau SKN

    • Real time gross settlement atau RTGS

    • Transfer valuta asing dari dalam maupun luar negeri melalui remittance

    • Transfer antar bank di dalam negeri

    • BI Fast

    2. Isi Saldo Dompet Digital, e-Commerce, dan Marketplace

    Nasabah dapat mengisi ulang saldo dompet digital melalui m-banking. Jika Anda berbelanja secara online melalui e-Commerce atau marketplace, maka ada fitur khusus di mana Anda dapat melakukan transaksi pembayaran di m-banking

    Apabila Anda berbelanja online melalui media sosial maka fitur Virtual Account Code atau VA Code tersedia selain transfer biasa.

    3. Fitur Pembayaran Tagihan Bulanan

    Kemudian ada fitur pembayaran tagihan bulanan seperti listrik, internet dan TV kabel, premi asuransi dan BPJS Kesehatan hingga pembayaran PDAM.

    Selain itu, nasabah juga bisa membayar tagihan bulanan lainnya seperti membayar kartu kredit atau kredit tanpa agunan (KTA).

    Beberapa perusahaan bank menyediakan layanan auto debet untuk beberapa tagihan seperti kartu kredit sehingga Anda tak perlu membayarnya secara manual.

    Di tanggal yang telah Anda tentukan maka saldo di ATM akan berkurang sesuai peruntukannya. Dengan begitu, tak ada lagi kata terlambat untuk bayar tagihan dan terbebas dari denda.

    4. Fitur Pembayaran Cashless

    Tak ketinggalan layanan pembayaran cashless di merchant-merchant yang telah menyediakan kode QR. Nasabah hanya perlu scan QR barcode tersebut melalui aplikasi m-bankingnya, lalu selesaikan transaksi sesuai nominalnya.

    Sejumlah perbankan juga menyediakan layanan tarik tunai tanpa kartu ATM. Nasabah dapat menarik uang di mesin ATM melalui aplikasi mobile banking di smartphone.

    5. Fitur Buka Rekening Online

    Bagi Anda yang belum memiliki nomor rekening bank tertentu dan tidak punya waktu untuk membuka rekening di kantor cabang. Anda bisa menikmati layanan kemudahan buka tabungan secara online pertama kali melalui m-banking.

    Persiapkan KTP dan beberapa informasi pribadi termasuk informasi tentang pekerjaan. Lalu ikuti seluruh langkah-langkah pembuatan rekening melalui m-banking tersebut.

    Saat prosedur dinyatakan berhasil, Anda sudah langsung mendapatkan nomor rekening dan melakukan transaksi. Untuk kartu ATM fisik dan buku tabungannya akan dikirim ke alamat domisili yang sudah Anda tulis sebelumnya.

    6. Fitur Investasi dan Deposito

    Sama halnya dengan membuka rekening, Anda juga bisa membuka deposito atau berinvestasi melalui aplikasi m-banking.

    Cukup mengikuti seluruh prosedur yang berlaku hingga proses pembukaan deposito, tabungan berjangka dan investasi dinyatakan berhasil.

    7. Fitur Keamanan Semakin Ketat

    Mengingat seluruh aktivitas keuangan dan perbankan kini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja melalui smartphone, maka tak heran bila tingkat kejahatan perbankan semakin tinggi.

    Untuk mengantisipasi hal tersebut hampir seluruh perusahaan bank menyarankan Anda untuk tetap menjaga kerahasiaan informasi akun atau nomor rekening bank nasabah untuk diri sendiri.

    Selain itu, bank mempersiapkan layanan keamanan khusus seperti kode akses m-banking, sidik jari hingga Face ID. Dengan begitu, hanya sidik jari dan wajah nasabah saja yang lolos sensor untuk menggunakan aplikasi m-banking.

    Hal-hal yang Diketahui Tentang Penggunaan M-Banking

    Saat hendak menggunakannya, Anda juga harus tahu hal-hal apa saja yang perlu diketahui.

    Berikut ini penjelasannya:

    • Nasabah dibebankan biaya SMS saat akan mendaftarkan nomor rekening dalam m-banking. Biasanya saat melakukan pendaftaran, bank akan mengirimkan kode OTP via SMS berbayar

    • Potensi kerugian akibat phising dan penipuan perbankan lainnya yang cukup tinggi, apalagi jika nasabah belum melek pengetahuan tentang hal tersebut

    • Potensi pencurian data melalui modus penipuan

    • Hanya menggunakan smartphone yang kompatibel untuk mengakses dan mengoperasikan software m-banking. M-Banking tidak dapat diakses melalui perangkat komputer ataupun laptop

    Tips Aman Bertransaksi melalui Mobile Banking

    OJK mengajak seluruh masyarakat yang akan menggunakan internet banking dan mobile banking untuk melek informasi mengenai pentingnya keamanan bertransaksi menggunakan jaringan internet.

    Pastikan Anda sudah meningkatkan keamanan m-banking dengan upgrade layanan kode akses m-banking, biometrik melalui sidik jari dan deteksi wajah atau Face ID di setiap transaksinya.

    Adapun tips lainnya di antaranya:

    • Menjaga kode transaksi OTP hanya untuk diri sendiri

    • Menghindari gunakan jaringan internet gratis seperti WiFi saat akan bertransaksi menggunakan aplikasi m-banking dan internet banking

    • Memastikan alamat situs internet yang digunakan untuk transaksi internet banking sudah benar, bila berbeda maka lakukan double check untuk memastikan kebenarannya

    • Menemukan transaksi yang mencurigakan, nasabah segera menghubungi Call Center setiap perusahaan bank untuk melakukan konfirmasi

    • Menghentikan transaksi pembayaran bila menemukan langkah-langkah yang tidak wajar atau mencurigakan khususnya pada internet banking. Kemudian laporkan melalui Call Center

    • Menjaga kerahasiaan data perbankan seperti PIN, kode akses, hingga kode OTP

    Sebagai salah satu ara mengantasispiasnya, pilihlah aplikasi m-banking yang memiliki fitur keamanan yang mumpuni. Salah satu mobile banking dari Bank Mega Syariah, M-Syariah.

    Untuk menjaga keamanan data nasabah, M-Syariah memiliki layanan biometrik sidik jari atau fingerprint dan Face ID saat pertama kali Anda membuka rekening.

    Fitur yang ditawarkan pun lengkap mulai dari layanan transfer BI Fast, fitur pembayaran QRIS, fitur top-up e-wallet, pembayaran tagihan hingga fitur khusus yang mendukung aktivitas ibadah Anda seperti sedekah dan zakat melalui satu aplikasi.

    Yuk. download mobile banking M-Syariah di PlayStore dan AppStore sekarang juga!


    M-Syariah

    Bagikan Berita

  • Edukasi Menarik Lainnya
  • 10 Rekomendasi Makanan Enak di Turki yang Wajib Anda Coba!
  • Apa Itu IHSG? Kenali Definisi, Istilah dan Perannya Bagi Investor
  • Intermittent Fasting: Definisi, Manfaat, & Prosedur Penerapannya
  • Lihat Semua Artikel >>

    PT Bank Mega Syariah

    Kantor Pusat

    Menara Mega Syariah

    Jl. HR Rasuna Said Kav. 19A, Jakarta 12950

    Telp: (021) 2985 2000 (Hunting)

    Fax: (021) 2985 2100

    E-mail: corporate.affairs@megasyariah.co.id

    Layanan Nasabah

    Mega Syariah Call

    (021) 2985 2222

    customercare@megasyariah.co.id

    Ikuti Sosial Media Kami

    Terdaftar & Diawasi

    Bank Mega Syariah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

    *Maksimum nilai simpanan yang dijamin LPS per nasabah per bank adalah Rp 2 miliar

    Karir | Kebijakan Privasi | Pengaduan & Bantuan

    © PT Bank Mega Syariah