28 September 2025 | Tim Bank Mega Syariah
Sertifikasi K3 termasuk dokumen fundamental yang harus dimiliki perusahaan. Meski berbentuk dokumen, akan tetapi penggunaannya lebih dari sekadar syarat dokumen untuk mengoperasikan perusahaan.
Kepanjangan K3 adalah keselamatan, kesehatan dan kerja. Dalam keilmuan K3 dijelaskan bagaimana pondasi operasional perusahaan yang benar untuk melindungi para pekerja guna meningkatkan produktivitasnya.
Sertifikasi K3 yang diakui adalah sertifikasi K3 Kemnaker. Apa itu sertifikat kemnaker? Dan berapa biaya sertifikasi K3 Kemnaker? Berikut ini uraian selengkapnya berikut ini.
Sertifikasi K3 Kemnaker merupakan sertifikat K3 yang diterbitkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).
Merujuk dari Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, K3 adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan tenaga kerja melalui upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.
Adapun sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang kemudian disingkat SMK3 merupakan bagian dari sistem manajemen perusahaan secara menyeluruh untuk mengendalikan risiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.
Melihat dari definisi di atas, maka bisa dikatakan bahwa sertifikasi K3 Kemnaker ini diterbitkan untuk perusahaan dan individu sebagai tenaga kerja yang mengawasi penerapan K3 itu sendiri.
Baik perusahaan maupun individu sebagai tenaga kerja, keduanya harus mengikuti pelatihan K3 dan mengikuti uji kompetensi K3 untuk mendapatkan sertifikasi K3.
Selanjutnya dari segi teknis, sertifikasi K3 yang berkaitan dengan tenaga kerja sebagai ahli dikelompokkan lagi berdasarkan kebutuhannya. Misalnya Ahli K3 umum, Petugas K3, dan Operator K3. Di setiap keilmuan tersebut memiliki standar dan kualifikasi berbeda sesuai industri dan risikonya.
Sebelum mengajukan permohonan pembuatan Sertifikasi K3 Kemnaker, ketahui terlebih dulu dokumen persyaratan yang harus Anda persiapkan, di antaranya:
Ijazah sesuai tingkatan pembinaan.
Surat Keterangan Kerja.
Pakta Integritas.
Surat Pernyataan.
CV Peserta Pembinaan.
Prosedur yang harus Anda lalui untuk mendapatkan sertifikasi K3 Kemnaker antara lain sebagai berikut:
Mengumpulkan persyaratan yang dibutuhkan. Secara garis besar persyaratan dasarnya yakni lulusan Diploma 3 dan sudah memiliki pengalaman kerja.
Bagi peserta pembinaan yang masih lulusan SMA/SMK bisa mengikuti pelatihan sertifikasi yang diterbitkan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).
Selanjutnya memilih lembaga pelatihan sertifikasi K3 yang sudah terakreditasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan ataupun Badan Nasional Sertifikasi Profesi.
Pastikan bahwa lembaga pelatihan tersebut memiliki lisensi resmi untuk menyelenggarakan pelatihan dan ujian Sertifikasi Ahli K3 Umum.
Mengikuti pelatihan Ahli K3 Umum yang berlangsung sekitar 12 sampai 14 hari kerja untuk mendapatkan Sertifikasi K3 Kemnaker dan 4 hari untuk mendapatkan Sertifikasi BNSP.
Mengikuti uji sertifikasi Ahli K3 Umum yang terbagi ke dalam dua sesi yaitu ujian online dan praktik kerja lapangan.
Bila proses pelatihan dan ujian sudah dilalui dan dinyatakan lulus, maka Kemnaker ataupun BNSP akan menerbitkan Sertifikasi Ahli K3 Umum.
Sertifikat yang Anda dapatkan bisa langsung digunakan untuk melamar pekerjaan pada posisi Tenaga Ahli K3 Umum atau profesi sesuai bidang yang Anda ikuti.
Sebelum melamar pekerjaan atau mengajukan permohonan untuk pembuatan Sertifikasi K3 BNSP ataupun Kemnaker, ada baiknya untuk mengetahui apa saja ruang lingkup kerja dan tanggung jawab seorang Tenaga Ahli K3 umum. Berikut ini tanggung jawab dan ruang lingkup kerjanya.
Tenaga Ahli K3 Umum memiliki kewajiban untuk mampu mengidentifikasi potensi bahaya yang mungkin terjadi di lingkungan kerja. Cara mengidentifikasinya dengan rutin melakukan inspeksi dan menganalisis data yang sudah terkumpul. Dengan begitu, Anda bisa menilai risiko dan kemungkinan dampaknya.
Merencanakan dan menyusun program K3 berdasarkan kebutuhan dan kondisi lingkungan kerja. Pastikan susunan program K3 tersebut lebih spesifik dan detail agar lebih mudah diimplementasikan. Sebab Tenaga Ahli K3 Umum harus memastikan bahwa seluruh pekerja, baik itu bagian manajemen atau karyawan biasa, mengimplementasikan program K3.
Membuat latihan K3 yang ditujukan untuk karyawan guna meningkatkan kesadaran dan keilmuan karyawan tentang peran program K3. Tujuan akhirnya tentu saja para karyawan tersebut lebih paham bagaimana cara menerapkan K3 ketika bekerja.
Perannya yang terakhir yakni memastikan perusahaan dan karyawan mematuhi regulasi K3 yang sudah ada. Mendokumentasi seluruh aktivitas K3 tersebut dan membuat laporan.
Walaupun Anda sudah mengedukasi para karyawan, namun pekerjaan tak cukup sampai di situ. Tenaga Ahli K3 Umum harus mengawasi secara berkala untuk memastikan kalau program K3 sudah dijalankan dengan benar dan tepat.
Tak ketinggalan untuk menjalankan fungsi evaluasi guna melihat efektivitas program K3 yang sudah ada. Langkah ini penting dilakukan untuk menyempurnakan program K3 setiap periodenya.
Jenjang karier dan peluang kerja sebagai Tenaga Ahli K3 cukup menggiurkan dan menjanjikan untuk jangka panjang. Tak heran baik pria maupun wanita tertarik untuk menjadi Tenaga Ahli k3 di perusahaan.
Di samping alasan di atas, alasan lainnya tentu saja dengan kompetensi dan keilmuan yang Anda miliki sebagai Tenaga Ahli K3 membantu perusahaan dan tenaga kerja lain untuk menjaga keselamatan dan kesehatan kerja sehingga tidak merugikan pekerja ataupun perusahaan.
Bila melihat dari website resmi Kementerian Ketenagakerjaan, biaya sertifikasi K3 Kemnaker sebagai tenaga ahli hanya Rp 150 ribu. Akan tetapi belum pasti biaya tersebut mencakup fasilitas apa saja. Sebab ada sejumlah pelatihan yang harus dilalui para peserta.
Terlepas dari informasi biaya Sertifikasi K3 Kemnaker yang tertulis di website resminya, sayangnya pelatihan dan penerbitan sertifikat ini harus melalui Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3).
Berikut ini perkiraan biaya Sertifikasi K3 Kemnaker dari berbagai PJK3 yang ditemukan melalui masing-masing website PJK3 tersebut.
Perusahaan Jasa K3 | Estimasi Biaya Sertifikasi K3 Kemnaker |
PT. Centra Artha Prima Indonesia | Mulai dari Rp 2,9 juta - Rp 7,5 juta |
PT. Katiga Maju Indonesia | Mulai dari Rp 3 juta - Rp 6 juta |
PT. Garuda Systrain Interindo | Mulai dari Rp 4 juta - Rp 7 juta |
Mutiara Mutu Sertifikasi | Mulai dari Rp 3,5 juta |
PT. Mandiri Maha Daya | Mulai dari Rp 4,8 jutaan |
Estimasi biaya di atas bisa Anda lihat langsung di masing-masing website perusahaan PJK3. Ada lebih banyak pelatihan K3 lebih spesifik sesuai kebutuhan Anda. Misalnya K3 untuk Petugas Damkar, ISO Training, Auditor SMK3, Safety Inspector, dan Petugas P3K, dan masih banyak lagi.
Meskipun terlihat biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti pelatihan dan penerbitan sertifikat cukup murah. Namun biaya tersebut sulit untuk dimiliki dalam waktu sekejap.
Bersyukurnya masing-masing PJK3 menyediakan periode pendaftaran dan batch pelatihan sehingga Anda bisa mempersiapkan biayanya terlebih dulu.
Manfaatkan produk simpanan Tabungan Berkah Rencana iB untuk merencanakan biaya pembuatan Sertifikasi Ahli K3 Umum yang diterbitkan Kementerian Ketenagakerjaan.
Mengapa harus Tabungan Berkah Rencana iB? Selain karena seluruh regulasi produk simpanan ini menerapkan prinsip syariah, produk simpanan ini menawarkan jangka waktu fleksibel mulai dari 6 bulan sampai 18 tahun.
Itu berarti bila waktu Anda untuk menabung hanya 6 bulan, maka Tabungan Berkah Rencana iB jadi pilihan tepat.
Untuk informasi selengkapnya silakan kunjungi website Bank Mega Syariah!
Bagikan Berita