21 September 2025 | Tim Bank Mega Syariah
Konten podcast menawarkan hiburan sekaligus edukasi bagi para pendengarnya. Melihat perkembangannya yang cukup pesat, podcast marketing menambah pilihan tools untuk melakukan pemasaran digital.
Alasan utama podcast dinilai efektif sebagai media pemasaran karena bentuk kontennya yang bisa dimanfaatkan untuk platform lain. Cuplikan-cuplikan yang ada di podcast bisa dipotong menjadi konten video singkat yang diunggah dalam bentuk reels atau posting di media sosial seperti Instagram atau TikTok.
Popularitas podcast yang semakin berkembang pesat, bahkan podcast mulai di-upload di platform YouTube. Tentu menarik, bukan, strategi podcast marketing ini? Bagaimana cara memulainya?
Berdasarkan asal katanya, bahasa Inggris, podcast artinya siniar. Mengutip dari Cambridge Dictionary, podcast adalah program radio dalam bentuk digital yang bisa diunduh orang melalui jaringan internet untuk kemudian disimpan dan dinikmati di perangkatnya masing-masing, baik itu laptop, komputer maupun ponsel.
Berkembangnya teknologi dan sistem digital, podcast pun berkembang tidak cuma menyajikan konten audio saja, melainkan juga konten yang bisa ditonton layaknya tontonan di YouTube.
Meski sama-sama konten audio, tapi konten podcast yang dipilih sebagai salah satu tools digital marketing. Alasannya karena konten podcast lebih lama dibandingkan iklan di radio yang hanya berkisar 15 sampai 30 detik.
Kemudian konten podcast bisa dibuat bersambung atau berepisode sehingga upaya perusahaan untuk meningkatkan kesadaran merk masyarakat semakin baik. Di sisi lain, konsep konten podcast bisa Anda sesuaikan dengan keperluan produk.
Podcaster yang bertugas untuk mewawancarai narasumber atau pembicara bisa menyesuaikan pertanyaannya agar beririsan dengan product knowledge yang pemilik bisnis inginkan. Secara tidak langsung, pendengar jadi lebih teredukasi dan memiliki alasan kuat untuk menggunakan produk atau jasa Anda.
Supaya menambah khazanah Anda tentang strategi digital marketing dan memperkuat pertimbangan untuk menggunakan podcast sebagai tools digital marketing, ketahui manfaat dan keunggulan podcast marketing, di antaranya:
Mampu menjangkau pendengar secara global dari berbagai negara, usia, hingga profesi.
Membina koneksi lebih personal antara podcaster dengan pendengar melalui teknik storytelling. Melalui ikatan koneksi tersebut maka Anda mendapatkan kepercayaan sekaligus mendatangkan loyalitas pelanggan.
Jenis konten marketing yang bersifat on-demand, artinya konten yang bisa dikonsumsi kapan saja, di mana saja, dan dalam aktivitas apa saja.
Membentuk dan mengembangkan brand awareness sehingga terjamin kredibilitas podcast ataupun bisnis.
Meningkatkan peluang mendatangkan pendengar atau pelanggan dalam skala global.
Transkripsi episode podcast tersimpan dan bisa diakses kapan saja oleh pendengar. Apalagi kalau Anda menerapkan SEO pada konten podcast, untuk waktu yang lama konten podcast Anda bisa diakses dengan mudah.
Beriklan di podcast memiliki angka Listen-Through-Rate (LRT) tinggi hingga 85% dan tingkat skip yang rendah.
Budget iklan bermanfaat lebih maksimal untuk mencapai target bisnis.
Namun selain keunggulan di sana, Anda tetap perlu mengetahui apa kekurangannya, antara lain:
Untuk menghasilkan konten berkualitas, diperlukan riset yang mendalam, pengembangan naskah podcast marketing yang tepat serta proses editing.
Harus konsisten memproduksi konten podcast, bila Anda hanya membuat konten podcast satu saja maka sulit untuk menggapai jumlah pendengar yang banyak.
Cukup sulit mengetahui tolok ukur dampak ROI.
Membutuhkan biaya lebih besar karena harus berinvestasi dalam bentuk aset perusahaan seperti peralatan rekam dan operasional podcast, software untuk editing, serta layanan hosting.
Untuk beberapa kasus di mana konten podcast terlalu panjang, memiliki peluang cukup besar konten terskip pendengar.
Cukup banyak kompetitor karena pertumbuhan podcaster saat ini cukup besar dan masif.
Saat ini ada banyak platform yang menawarkan layanan podcast. Sebut saja Skype dan SquadCast, namun yang paling populer Spotify. Bahkan saat ini Anda bisa menyiarkan konten podcast di YouTube.
Jadi, langkah pertama untuk membuat podcast adalah menentukan platform mana yang akan menyiarkan konten podcast tersebut. Baru kemudian melengkapi informasi pada akun podcast sehingga pendengar mengetahui garis besar konten seperti apa yang akan mereka dapatkan bila mendengarkan podcast Anda.
Baru selanjutnya menerapkan beberapa langkah berikut ini agar podcast Anda berkembang sehingga mendatangkan banyak pendengar. Berikut ini langkah-langkah lanjutannya:
Mempermudah pendengar mengetahui garis besar podcast Anda melalui judul konten dan deskripsi.
Menyusun branding yang bersifat autentik sehingga kuat diingat pendengar. Cara membuat branding yang kuat bisa dimulai dari nama podcast, desain sampul, konsep konten, sampai dengan membuat trailer yang menarik.
Membagi satu tema ke dalam beberapa episode, misalnya 3 sampai 5 episode, agar pendengar tidak merasa bosan kalau mendengar seluruh informasi.
Memanfaatkan influencer untuk mempromosikan podcast Anda. Bisa bekerja sama agar mereka mempromosikan akun podcast di akun media sosial pribadi influencer ataupun diundang sebagai bintang tamu.
Mengundang influencer, public figure, tokoh masyarakat ataupun guest podcast yang relevan dengan pembahasan topik yang akan dibahas.
Memanfaatkan media sosial seperti Instagram, TikTok, ataupun Facebook untuk mempromosikan akun podcast. Caranya dengan mengunggah cuplikan-cuplikan konten audio podcast di media sosial untuk menarik penasaran calon pendengar baru.
Memanfaatkan iklan berbayar.
Memanfaatkan teknik SEO dalam podcast, seperti judul podcast, judul masing-masing episode, deskripsi, sampai transkripsi dan website podcast.
Sementara itu, bagi pemilik bisnis, ada sejumlah trik yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness ketika menggunakan podcast sebagai tools marketing.
Hal paling krusial agar podcast Anda didengar orang yakni memilih tema dan konsep podcast. Mempertimbangkan topik seperti apa yang sangat relevan dengan kondisi masyarakat saat ini agar lebih banyak pendengar yang mendengarkan konten podcast Anda.
Lakukan riset mendalam untuk menentukan konsep dan tema podcast, bila perlu bertanya langsung kepada pelanggan tema apa yang paling mereka butuhkan atau ingin dengar di podcast. Tapi jangan lupa untuk menyesuaikan tema podcast dengan konten marketing ataupun produk yang Anda tawarkan.
Meski penting mengangkat tema atau isu yang sedang berkembang di masyarakat, akan tetapi Anda tetap harus mempertahankan konsistensi tema utama atau garis besar tema podcast agar pelanggan tetap mengingat podcast Anda sesuai garis besar tema tersebut.
Teknik soft selling melalui storytelling dinilai paling efektif untuk menarik perhatian pendengar. Berbeda dengan iklan di televisi atau media iklan berbayar lainnya di mana Anda hanya memiliki waktu singkat untuk memperkenalkan dan memberikan informasi tentang produk, melalui podcast waktu untuk beriklan lebih fleksibel.
Kefleksibelan waktu promosi tersebut harus Anda manfaatkan dengan lebih bijaksana. Materi marketing dengan cara bercerita ini lebih efektif untuk menahan pendengar agar mendengarkan product knowledge yang diucapkan podcaster tanpa mengubah cerita dan nada bicara sekalipun.
Sebagai contoh produk losion untuk kulit bayi sensitif. Anda bisa mengundang bintang tamu yang sudah memiliki anak dan berpengalaman dalam menghadapi kulit bayi yang sensitif. Di tengah-tengah guest podcaster itu bercerita, Anda bisa selipkan materi marketing product knowledge dari losion khusus kulit bayi sensitif tersebut.
Di samping itu, konsepkan konten podcast marketing untuk beberapa episode. Tujuannya supaya brand awareness pendengar semakin meningkat. Harapannya di saat mereka butuh atau sahabat dan kerabat mereka mengalami persoalan serupa, maka pendengar tersebut bisa merekomendasikan atau menggunakan produk Anda.
Bila diperlukan untuk mengundang bintang tamu atau guest podcaster, pilih guest podcaster yang relevan dengan konten marketing atau produk Anda. Misalnya Anda mengundang ahli yang expert atau seorang public figure seperti influencer.
Walaupun influencer yang Anda undang di mana jumlah engagement berperan penting terhadap penentuan guest podcaster, akan tetapi Anda tetap harus mengerucutkan lagi dengan kategori tambahan sesuai konten marketing.
Mengungkit lagi contoh sebelumnya untuk produk losion khusus kulit bayi sensitif. Anda bisa pilih ingin mengundang seorang yang expert di dunia skincare bayi, dokter kulit khusus anak, ataupun orang tua yang memiliki bayi berkulit sensitif.
Kalau pilihannya orang tua yang memiliki bayi berkulit sensitif, baru Anda bisa menambahkan kriteria tambahan seperti apakah dia seorang public figure terkenal atau influencer dengan engagement yang tinggi.
Selain mencari guest podcaster, Anda juga bisa menjadi guesting podcast lain. Mendatangi beberapa akun podcast yang populer dan tetap relevan dengan konten marketing Anda.
Perwakilan perusahaan bisa datang sebagai seorang expert untuk membahas konten yang sudah ditetapkan sekaligus melakukan product knowledge. Bila dirasa kurang cocok, Anda bisa mencari expert lainnya atau bekerja sama dengan podcaster tersebut agar bisa mendatangkan guest podcast sesuai konten marketing Anda.
Selain beriklan secara soft selling atau storytelling, ada cara lain yang bisa dilakukan supaya tetap bisa beriklan secara langsung di podcast. Bentuk iklan yang pertama dengan muncul di antara waktu siaran podcast atau bekerja sama dengan host atau podcaster itu sendiri.
Kini, Anda semakin paham bahwa digital marketing bukan hanya mengandalkan iklan berbayar atau media sosial saja. Semakin mengetahui beragam bentuk digital marketing serta tools yang digunakan, akan semakin memudahkan Anda untuk mencapai target campaign dan bisnis.
Sayangnya, budget marketing dengan sistem digitalisasi ini membutuhkan budget yang tak sedikit. Untuk hasil data yang akurat, Anda membutuhkan effort lebih dari segi budgeting marketing.
Segera ajukan Pembiayaan Modal Kerja Syariah di Bank Mega Syariah untuk mendapatkan suntikan modal dengan cara yang lebih halal dan tanpa praktik riba.
Terdapat skema joint financing serta pembayaran angsuran yang fleksibel sesuai kemampuan nasabah. Semoga saja pengajuan Anda segera diterima dengan limit maksimal. Yuk, ajukan saat ini juga!
Bagikan Berita