Jaringan Kami
M-Syariah
Contact Center
  • Produk

    Individu

    Bisnis

    Simpanan
    Pembiayaan
    Kartu Debit
    Kartu Pembiayaan
    Loyalty & Benefit
    Donasi dan Amal
    Simpanan
    Pembiayaan
  • Digital Banking
    M-Syariah
    Virtual Account
    Cash Management Services
    Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    Bancassurance
    Reksadana
  • Layanan
    BI-RTGS
    SKNBI
    BI FAST
    Bank Garansi
    Transfer Online
    LC & SKBDN
    Safe Deposit Box (SDB)
    Remittance
    ATM
  • Tentang Kami

    Profil Perusahaan

    Profil Manajemen

    Laporan Keuangan Perusahaan

    CSR

    Karir

    Sejarah Perusahaan
    Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    Struktur Organisasi
    Struktur Kepemilikan
    Struktur CT Corp
    Keunggulan BMS
    Penghargaan
    Dewan Komisaris
    Dewan Direksi
    Dewan Pengawas Syariah
    Pejabat Eksekutif
    Sekretaris Perusahaan

    Tata Kelola Perusahaan

    Pelaksanaan Tata Kelola
    Laporan Eksposur Risiko
    Laporan Pengaduan Nasabah
    WhistleBlowing System
    Laporan Tahunan
    Laporan Keberlanjutan
    Laporan Bulanan
    Laporan Triwulanan
    Laporan Keuangan Tahunan
    Laporan Keuangan Induk
    Laporan Tahunan Entitas Induk
    Kebijakan CSR
    Kegiatan CSR BMS
    Mega Syariah Berbagi
  • Artikel
    Berita
    Edukasi & Tips
  • Promosi
x
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Donasi dan Amal
CMS
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Donasi dan Amal
CMS
  • Produk
    • Individu
    • Simpanan
    • Pembiayaan
    • Kartu Debit
    • Kartu Pembiayaan
    • Loyalty & Benefit
    • Donasi dan Amal
    • Bisnis
    • Simpanan
    • Pembiayaan
  • Digital Banking
    • M-Syariah
    • Virtual Account
    • Cash Management System
    • Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    • Bancassurance
    • Reksadana
  • Layanan
    • BI-RTGS
    • SKNBI
    • BI FAST
    • Bank Garansi
    • Transfer Online
    • LC & SKBDN
    • Safe Deposit Box (SDB)
    • Remittance
    • ATM
  • Tentang Kami
    • Profil Perusahaan
    • Sejarah Perusahaan
    • Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    • Struktur Organisasi
    • Struktur Kepemilikan
    • Struktur CT Corp
    • Keunggulan BMS
    • Penghargaan
    • Profil Manajemen
    • Dewan Komisaris
    • Dewan Direksi
    • Dewan Pengawas Syariah
    • Pejabat Eksekutif
    • Sekretaris Perusahaan
    • Laporan Keuangan Perusahaan
    • Laporan Tahunan
    • Laporan Keberlanjutan
    • Laporan Bulanan
    • Laporan Triwulanan
    • Laporan Keuangan Tahunan
    • Laporan Keuangan Induk
    • Laporan Tahunan Entitas Induk
    • Tata Kelola Perusahaan
    • Pelaksanaan Tata Kelola
    • Laporan Eksposur Risiko
    • Laporan Pengaduan Nasabah
    • WhistleBlowing System

    • CSR
    • Kebijakan CSR
    • Kegiatan CSR BMS
    • Mega Syariah Berbagi

    • Karir
  • Artikel
    • Berita
    • Edukasi & Tips
  • Promosi
  1. Edukasi & Tips
  2. Pembiayaan
  • Edukasi Menarik Lainnya
  • 6 Langkah Menuju Merdeka Finansial, Sulitkah?
  • Mengetahui Syarat dan Cara Mendaftar Sekolah Rakyat
  • Beasiswa Garuda Membuka Peluang Kuliah Gratis di Luar Negeri
  • Lihat Semua Artikel >>
  • 8 Cara Meningkatkan Brand Awareness untuk Capai Target Bisnis

    07 Agustus 2025 | Tim Bank Mega Syariah

    Keberhasilan brand awareness ditandai dengan keberhasilan mengidentifikasi target konsumen terhadap merek tersebut. Dengan keberhasilan tersebut, maka langkah tim marketing akan semakin ringan untuk menyusun strategi penjualan dan menjalankan perencanaan tersebut.

    Keterikatan konsumen terhadap merek semakin erat terjalin. Bila sudah begitu, maka bukan tidak mungkin jumlah loyalty konsumen akan meningkat. Untuk itu, mari mengetahui lebih lanjut tentang apa itu brand awareness dan cara meningkatkannya.

    Apa Itu Brand Awareness?

    Mengutip dari Investopedia, brand awareness adalah kesadaran pelanggan terhadap merk atau produk tertentu. Kesadaran yang dimaksud bukan sekadar tahu bahwa ada nama merk atau produk tersebut, melainkan juga perspektif yang positif terhadap produk brand tersebut.

    Adapun branding awareness adalah strategi dan langkah untuk meningkatkan brand merk atau produk. Apabila strategi branding awareness berhasil, maka tingkat kesadaran merk konsumen semakin tinggi. Kondisi ini akan memengaruhi tindakan konsumen untuk mengonsumsi atau menggunakan produk atau merek Anda.

    Di tingkat loyalty pelanggan, mereka dengan sadar dan sukarela memperkenalkan dan mengajak orang lain untuk mengonsumsi atau menggunakan produk Anda juga.

    Cara Meningkatkan Brand Awareness

    Sama halnya dengan strategi marketing, strategi untuk meningkatkan brand awareness cukup penting. Tujuannya lebih dari sekadar menciptakan brand image saja, akan tetapi menggapai konsumen yang loyalitasnya tinggi terhadap produk dan merek Anda. Menurut Qualtrics, berikut ini cara yang tepat untuk meningkatkan brand awareness.

    1. Buat Nilai dan Karakteristik Merk Bersifat Manusiawi

    Menentukan image branding berdasarkan demografi target konsumen adalah hal yang penting dan krusial. Akan tetapi, untuk menjalin keterikatan konsumen dengan merek produk, Anda harus membuatnya lebih terlihat atau terdengar manusiawi.

    Pikirkan dengan seksama nilai dan karakteristik merek dan produk yang tepat sesuai demografi konsumen dan mengedepankan sisi humanity agar terciptanya komunitas antar konsumen merk Anda.

    2. Konsisten dengan Visual Branding yang Sama

    Pilar branding awareness adalah visual dari branding itu sendiri. Mulai dari nama produk, pemilihan warna dan font tulisan, nilai dan karakteristik produk sampai slogan adalah visual branding yang dimaksud.

    Jika Anda sudah menetapkan visual branding, maka konsisten untuk menerapkan branding image tersebut dalam berbagai kegiatan dan platform marketing. Dengan pengulangan yang konsisten tersebut akan memudahkan calon konsumen atau konsumen baru mengenal dan mengingat merek atau produk Anda.

    3. Konsep Visual Branding yang Unik dan Berbeda

    Dalam menetapkan konsep visual branding, utamakan hal-hal yang unik dan berbeda dari kompetitor sehingga nilai dan karakteristiknya lebih kuat dan lebih cepat diterima konsumen. Tipsnya, terkadang hal-hal yang sederhana lebih dekat dan relate dengan kehidupan sehari-hari konsumen yang mudah melekat dan menggapai hubungan emosional antara konsumen dan merek dagang atau produk.

    4. Dari Konsumen untuk Konsumen

    Walaupun target bisnis Anda bersifat pribadi, namun sebagai manusia apalagi bila Anda beragama Islam, jangan lupa untuk melakukan aktivitas sedekah dan infak. Misalnya membuat kegiatan berbagi ke panti asuhan, panti jompo, atau masyarakat kurang mampu.

    Bentuk kegiatannya pun bisa disesuaikan dengan produk dan nilai-nilai yang sudah ditetapkan. Sebagai contoh kegiatan beasiswa, pemeriksaan kesehatan gratis, atau sunat gratis. Dengan melakukan berbagai kegiatan amal tersebut, konsumen akan merasa semakin dihargai.

    Mengapa demikian? Sebab bagi konsumen, merk produk Anda bukan sekadar meraup keuntungan finansial saja, melainkan juga diimbangi dengan aktivitas sosial.

    5. Perkuat Strategi Digital Marketing

    Memanfaatkan berbagai tools dan platform di media sosial. Sangat disarankan untuk memanfaatkan lebih dari dua tools tersebut.

    Adapun media sosial yang dimaksud misalnya saja Instagram, Facebook, TikTok, atau YouTube. Bahkan lebih spesifik lagi, Anda bisa bekerja sama dengan influencer tertentu atau mendatangi podcast dan channel YouTube yang relevan dengan nilai-nilai merk produk Anda.

    Di samping itu, Anda bisa beriklan secara digital melalui Meta seperti Facebook Ads dan Instagram Ads, beriklan di TikTok Ads, atau platform website lainnya. Jangan ragu untuk melakukan A/B testing dan pelajari datanya untuk perencanaan digital marketing selanjutnya.

    6. Penerapan Kegiatan Pemasaran Langsung

    Jauh sebelum adanya digital marketing, tim pemasaran biasanya melakukan kegiatan pemasaran langsung seperti membuka booth pada event tertentu atau menjadi sponsornya.

    Dalam melakukan pemasaran langsung, hal yang paling penting adalah memilih kegiatan yang sesuai dengan nilai dan karakteristik produk atau merek dagang. Konsisten menggunakan visual branding yang sama antara pemasaran langsung dan digital.

    7. Pentingkah Memperhatikan Brand Image Pemilik Bisnis?

    Meski bukan sebagai strategi marketing atau brand awareness yang utama, namun tak dipungkiri bahwa brand image pemilik bisnis yang baik turut meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek dagang tersebut.

    8. Analisis Data Pasca Branding Awareness

    Langkah terakhir adalah menganalisis data setelah Anda melakukan branding awareness. Kumpulkan seluruh data, baik data penjualan, stok barang sesudah dan sebelum, termasuk traffic iklan di media sosial dan platform digital lainnya.

    Sesuaikan data tersebut dengan kenyataan bahwa konsumen telah sadar akan kehadiran merk dagang Anda. Caranya dengan melakukan survei untuk mencari tahu seberapa besar merk dagang atau produk Anda dikenal orang atau seberapa dalam pemahaman konsumen terhadap hal tersebut.

    Rekomendasi Pembiayaan Syariah untuk Sukseskan Strategi Brand Awareness & Digital Marketing

    Tak bisa disangkal bahwa butuh biaya yang besar untuk menyusun strategi dan menjalan rencana brand awareness ataupun digital marketing tersebut. Namun, hasilnya pun cukup menguntungkan untuk bisnis.

    Bila Anda membutuhkan tambahan modal usaha guna bisa meningkatkan kesadaran merek dagang Anda dan bisa bertahan di tengah pertempuran bersama kompetitor, maka segera ajukan Pembiayaan Modal Kerja Syariah.

    Berbeda dengan pembiayaan modal kerja konvensional, fasilitas keuangan syariah lebih bisa diperhitungkan dengan jelas nominal yang akan Anda bayar setiap bulannya. Bahkan, melalui Pembiayaan Modal Kerja Syariah dari Bank Mega Syariah, nasabah bisa berdiskusi dengan pihak bank terkait nilai angsuran bulanan.

    Jangan sampai kehilangan momentum untuk meningkatkan brand awareness dan mencapai target usaha. Segera ajukan permohonan Pembiayaan Modal Kerja Syariah melalui website atau datang langsung ke kantor cabang terdekat Bank Mega Syariah.

    Modal Kerja

    Bagikan Berita

  • Edukasi Menarik Lainnya
  • 6 Langkah Menuju Merdeka Finansial, Sulitkah?
  • Mengetahui Syarat dan Cara Mendaftar Sekolah Rakyat
  • Beasiswa Garuda Membuka Peluang Kuliah Gratis di Luar Negeri
  • Lihat Semua Artikel >>

    PT Bank Mega Syariah

    Kantor Pusat

    Menara Mega Syariah

    Jl. HR Rasuna Said Kav. 19A, Jakarta 12950

    Telp: (021) 2985 2000 (Hunting)

    Fax: (021) 2985 2100

    E-mail: corporate.affairs@megasyariah.co.id

    Layanan Nasabah

    Mega Syariah Call

    (021) 2985 2222

    customercare@megasyariah.co.id

    Ikuti Sosial Media Kami

    Terdaftar & Diawasi

    Bank Mega Syariah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

    *Maksimum nilai simpanan yang dijamin LPS per nasabah per bank adalah Rp 2 miliar

    Karir | Kebijakan Privasi | Pengaduan & Bantuan

    © PT Bank Mega Syariah