07 Agustus 2025 | Tim Bank Mega Syariah
Keberhasilan brand awareness ditandai dengan keberhasilan mengidentifikasi target konsumen terhadap merek tersebut. Dengan keberhasilan tersebut, maka langkah tim marketing akan semakin ringan untuk menyusun strategi penjualan dan menjalankan perencanaan tersebut.
Keterikatan konsumen terhadap merek semakin erat terjalin. Bila sudah begitu, maka bukan tidak mungkin jumlah loyalty konsumen akan meningkat. Untuk itu, mari mengetahui lebih lanjut tentang apa itu brand awareness dan cara meningkatkannya.
Mengutip dari Investopedia, brand awareness adalah kesadaran pelanggan terhadap merk atau produk tertentu. Kesadaran yang dimaksud bukan sekadar tahu bahwa ada nama merk atau produk tersebut, melainkan juga perspektif yang positif terhadap produk brand tersebut.
Adapun branding awareness adalah strategi dan langkah untuk meningkatkan brand merk atau produk. Apabila strategi branding awareness berhasil, maka tingkat kesadaran merk konsumen semakin tinggi. Kondisi ini akan memengaruhi tindakan konsumen untuk mengonsumsi atau menggunakan produk atau merek Anda.
Di tingkat loyalty pelanggan, mereka dengan sadar dan sukarela memperkenalkan dan mengajak orang lain untuk mengonsumsi atau menggunakan produk Anda juga.
Sama halnya dengan strategi marketing, strategi untuk meningkatkan brand awareness cukup penting. Tujuannya lebih dari sekadar menciptakan brand image saja, akan tetapi menggapai konsumen yang loyalitasnya tinggi terhadap produk dan merek Anda. Menurut Qualtrics, berikut ini cara yang tepat untuk meningkatkan brand awareness.
Menentukan image branding berdasarkan demografi target konsumen adalah hal yang penting dan krusial. Akan tetapi, untuk menjalin keterikatan konsumen dengan merek produk, Anda harus membuatnya lebih terlihat atau terdengar manusiawi.
Pikirkan dengan seksama nilai dan karakteristik merek dan produk yang tepat sesuai demografi konsumen dan mengedepankan sisi humanity agar terciptanya komunitas antar konsumen merk Anda.
Pilar branding awareness adalah visual dari branding itu sendiri. Mulai dari nama produk, pemilihan warna dan font tulisan, nilai dan karakteristik produk sampai slogan adalah visual branding yang dimaksud.
Jika Anda sudah menetapkan visual branding, maka konsisten untuk menerapkan branding image tersebut dalam berbagai kegiatan dan platform marketing. Dengan pengulangan yang konsisten tersebut akan memudahkan calon konsumen atau konsumen baru mengenal dan mengingat merek atau produk Anda.
Dalam menetapkan konsep visual branding, utamakan hal-hal yang unik dan berbeda dari kompetitor sehingga nilai dan karakteristiknya lebih kuat dan lebih cepat diterima konsumen. Tipsnya, terkadang hal-hal yang sederhana lebih dekat dan relate dengan kehidupan sehari-hari konsumen yang mudah melekat dan menggapai hubungan emosional antara konsumen dan merek dagang atau produk.
Walaupun target bisnis Anda bersifat pribadi, namun sebagai manusia apalagi bila Anda beragama Islam, jangan lupa untuk melakukan aktivitas sedekah dan infak. Misalnya membuat kegiatan berbagi ke panti asuhan, panti jompo, atau masyarakat kurang mampu.
Bentuk kegiatannya pun bisa disesuaikan dengan produk dan nilai-nilai yang sudah ditetapkan. Sebagai contoh kegiatan beasiswa, pemeriksaan kesehatan gratis, atau sunat gratis. Dengan melakukan berbagai kegiatan amal tersebut, konsumen akan merasa semakin dihargai.
Mengapa demikian? Sebab bagi konsumen, merk produk Anda bukan sekadar meraup keuntungan finansial saja, melainkan juga diimbangi dengan aktivitas sosial.
Memanfaatkan berbagai tools dan platform di media sosial. Sangat disarankan untuk memanfaatkan lebih dari dua tools tersebut.
Adapun media sosial yang dimaksud misalnya saja Instagram, Facebook, TikTok, atau YouTube. Bahkan lebih spesifik lagi, Anda bisa bekerja sama dengan influencer tertentu atau mendatangi podcast dan channel YouTube yang relevan dengan nilai-nilai merk produk Anda.
Di samping itu, Anda bisa beriklan secara digital melalui Meta seperti Facebook Ads dan Instagram Ads, beriklan di TikTok Ads, atau platform website lainnya. Jangan ragu untuk melakukan A/B testing dan pelajari datanya untuk perencanaan digital marketing selanjutnya.
Jauh sebelum adanya digital marketing, tim pemasaran biasanya melakukan kegiatan pemasaran langsung seperti membuka booth pada event tertentu atau menjadi sponsornya.
Dalam melakukan pemasaran langsung, hal yang paling penting adalah memilih kegiatan yang sesuai dengan nilai dan karakteristik produk atau merek dagang. Konsisten menggunakan visual branding yang sama antara pemasaran langsung dan digital.
Meski bukan sebagai strategi marketing atau brand awareness yang utama, namun tak dipungkiri bahwa brand image pemilik bisnis yang baik turut meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek dagang tersebut.
Langkah terakhir adalah menganalisis data setelah Anda melakukan branding awareness. Kumpulkan seluruh data, baik data penjualan, stok barang sesudah dan sebelum, termasuk traffic iklan di media sosial dan platform digital lainnya.
Sesuaikan data tersebut dengan kenyataan bahwa konsumen telah sadar akan kehadiran merk dagang Anda. Caranya dengan melakukan survei untuk mencari tahu seberapa besar merk dagang atau produk Anda dikenal orang atau seberapa dalam pemahaman konsumen terhadap hal tersebut.
Tak bisa disangkal bahwa butuh biaya yang besar untuk menyusun strategi dan menjalan rencana brand awareness ataupun digital marketing tersebut. Namun, hasilnya pun cukup menguntungkan untuk bisnis.
Bila Anda membutuhkan tambahan modal usaha guna bisa meningkatkan kesadaran merek dagang Anda dan bisa bertahan di tengah pertempuran bersama kompetitor, maka segera ajukan Pembiayaan Modal Kerja Syariah.
Berbeda dengan pembiayaan modal kerja konvensional, fasilitas keuangan syariah lebih bisa diperhitungkan dengan jelas nominal yang akan Anda bayar setiap bulannya. Bahkan, melalui Pembiayaan Modal Kerja Syariah dari Bank Mega Syariah, nasabah bisa berdiskusi dengan pihak bank terkait nilai angsuran bulanan.
Jangan sampai kehilangan momentum untuk meningkatkan brand awareness dan mencapai target usaha. Segera ajukan permohonan Pembiayaan Modal Kerja Syariah melalui website atau datang langsung ke kantor cabang terdekat Bank Mega Syariah.
Bagikan Berita