Jaringan Kami
M-Syariah
Contact Center
  • Produk

    Individu

    Bisnis

    Simpanan
    Pembiayaan
    Kartu Debit
    Kartu Pembiayaan
    Loyalty & Benefit
    Donasi dan Amal
    Simpanan
    Pembiayaan
  • Digital Banking
    M-Syariah
    Virtual Account
    Cash Management Services
    Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    Bancassurance
    Reksadana
  • Layanan
    BI-RTGS
    SKNBI
    BI FAST
    Bank Garansi
    Transfer Online
    LC & SKBDN
    Safe Deposit Box (SDB)
    Remittance
    ATM
  • Tentang Kami

    Profil Perusahaan

    Profil Manajemen

    Laporan Keuangan Perusahaan

    CSR

    Karir

    Sejarah Perusahaan
    Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    Struktur Organisasi
    Struktur Kepemilikan
    Struktur CT Corp
    Keunggulan BMS
    Penghargaan
    Dewan Komisaris
    Dewan Direksi
    Dewan Pengawas Syariah
    Pejabat Eksekutif
    Sekretaris Perusahaan

    Tata Kelola Perusahaan

    Pelaksanaan Tata Kelola
    Laporan Eksposur Risiko
    Laporan Pengaduan Nasabah
    WhistleBlowing System
    Laporan Tahunan
    Laporan Keberlanjutan
    Laporan Bulanan
    Laporan Triwulanan
    Laporan Keuangan Tahunan
    Laporan Keuangan Induk
    Laporan Tahunan Entitas Induk
    Kebijakan CSR
    Kegiatan CSR BMS
    Mega Syariah Berbagi
  • Artikel
    Berita
    Edukasi & Tips
  • Promosi
x
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Donasi dan Amal
CMS
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Donasi dan Amal
CMS
  • Produk
    • Individu
    • Simpanan
    • Pembiayaan
    • Kartu Debit
    • Kartu Pembiayaan
    • Loyalty & Benefit
    • Donasi dan Amal
    • Bisnis
    • Simpanan
    • Pembiayaan
  • Digital Banking
    • M-Syariah
    • Virtual Account
    • Cash Management System
    • Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    • Bancassurance
    • Reksadana
  • Layanan
    • BI-RTGS
    • SKNBI
    • BI FAST
    • Bank Garansi
    • Transfer Online
    • LC & SKBDN
    • Safe Deposit Box (SDB)
    • Remittance
    • ATM
  • Tentang Kami
    • Profil Perusahaan
    • Sejarah Perusahaan
    • Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    • Struktur Organisasi
    • Struktur Kepemilikan
    • Struktur CT Corp
    • Keunggulan BMS
    • Penghargaan
    • Profil Manajemen
    • Dewan Komisaris
    • Dewan Direksi
    • Dewan Pengawas Syariah
    • Pejabat Eksekutif
    • Sekretaris Perusahaan
    • Laporan Keuangan Perusahaan
    • Laporan Tahunan
    • Laporan Keberlanjutan
    • Laporan Bulanan
    • Laporan Triwulanan
    • Laporan Keuangan Tahunan
    • Laporan Keuangan Induk
    • Laporan Tahunan Entitas Induk
    • Tata Kelola Perusahaan
    • Pelaksanaan Tata Kelola
    • Laporan Eksposur Risiko
    • Laporan Pengaduan Nasabah
    • WhistleBlowing System

    • CSR
    • Kebijakan CSR
    • Kegiatan CSR BMS
    • Mega Syariah Berbagi

    • Karir
  • Artikel
    • Berita
    • Edukasi & Tips
  • Promosi
  1. Edukasi & Tips
  2. Pembiayaan
  • Edukasi Menarik Lainnya
  • 6 Langkah Menuju Merdeka Finansial, Sulitkah?
  • Mengetahui Syarat dan Cara Mendaftar Sekolah Rakyat
  • Beasiswa Garuda Membuka Peluang Kuliah Gratis di Luar Negeri
  • Lihat Semua Artikel >>
  • Apa Itu Branding Produk? Begini Cara Pembuatannya

    06 Agustus 2025 | Tim Bank Mega Syariah

    Salah satu cara untuk mencapai atau meningkatkan target usaha adalah dengan melakukan branding produk. Mengapa branding menjadi penting? Sebab dengan pengembangan strategi brand image bisnis yang tepat, maka akan dengan mudah target pasar menemukan produk yang Anda tawarkan.

    Sekalipun modal dibutuhkan untuk mengembangkan branding produk usaha, namun ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir pengeluaran usaha dan mendapatkan capaian target usaha yang diharapkan.

    Apa Itu Branding Produk?

    Bersumber dari Cambridge Dictionary, arti branding adalah aktivitas menghubungkan suatu produk dengan nama, simbol, fitur atau ide tertentu supaya orang mengenali produk tersebut dan berhasrat untuk membelinya.

    Pengertian branding sebagai alat komunikasi bisnis antara produsen dan konsumennya melalui strategi dan upaya untuk memperkuat merek, membuatnya beda dengan kompetitor, sehingga lebih mudah menggapai koneksi emosional dengan konsumen.

    Branding produk termasuk bagian dari jenis branding selain branding personal, corporate branding, destination branding, dan cultural branding. Product branding adalah jenis branding dengan target untuk memberikan dan memperkuat identitas produk.

    Manfaat mengembangkan strategi product branding di antaranya untuk meningkatkan kemampuan bersaing produk dan bisnis di pasar, memberikan jalan kepada konsumen untuk mengenali produk Anda, serta meningkatkan jumlah loyalitas pelanggan.

    Tiga karakteristik branding produk yaitu produk memiliki identitas yang unik, strategi branding harus lebih fokus terhadap product education bukan perusahaannya, dan memberikan contoh manfaat yang nyata bila konsumen mengonsumsi atau menggunakan produk tersebut.

    Cara Mengembangkan Branding Produk yang Efektif

    Tak dipungkiri, untuk menyusun strategi brand produk dan menjalankannya itu susah-susah gampang. Dibutuhkan tim yang terjamin kompetensinya untuk melakukan pengembangan product branding. Namun bukan berarti tidak mungkin, kan. Berikut ini langkah-langkah untuk mengembangkan strategi branding produk yang efektif.

    1. Menetapkan Target Pasar

    Sama halnya dengan membuat produk, Anda juga perlu menetapkan target pasar dan kompetitor untuk membuat strategi branding produknya. Cara untuk mengetahui karakteristik konsumen bisa dilakukan dengan cara survei pelanggan atau wawancara.

    Dengan mengetahui target konsumen, termasuk karakteristik sampai kelompok ekonomi target konsumen tersebut, Anda jadi mengetahui strategi branding seperti apa yang sesuai dengan kebiasaan, gaya dan nilai kehidupan konsumen.

    2. Menentukan Nilai dan Karakteristik Produk

    Langkah selanjutnya yakni menentukan nilai dan karakteristik produk tersebut. Hasil identifikasi atas nilai dan karakteristik produk tersebut yang menjadi kunci untuk menentukan strategi branding produk dan marketing dari produk tersebut. Nilai dan karakteristik ini juga yang akan membedakan produk Anda dengan kompetitor.

    3. Membangun Aset Visual Produk

    Baru setelah itu membuat aset visual produk. Apa maksudnya aset visual produk? Aset visual produk adalah harta kekayaan usaha dalam bentuk pemilihan nama produk, logo, pemilihan font dan nama produk sampai slogan.

    Dalam pembuatan aset visual produk tersebut, Anda juga perlu mempertimbangkan cara untuk memengaruhi psikologis konsumen sehingga terjalin ikatan emosional antara konsumen dan produk tersebut.

    4. Menentukan Brand Voice

    Langkah yang tak kalah pentingnya adalah menentukan brand voice. Brand voice adalah media yang digunakan untuk menyampaikan pesan branding produk agar lebih mudah mencapai dan didengar oleh konsumen.

    Brand voice bisa dalam bentuk kegiatan atau event atau campaign melalui media sosial dan website. Namun, disarankan untuk terus mengimplementasikan branding produk tersebut di setiap brand voice yang sedang dilakukan.

    5. Memilih Platform sebagai Channel Marketing

    Langkah yang terakhir, memilih platform sebagai channel marketing untuk menjalankan strategi brand image tersebut. Sekalipun Anda melakukan strategi marketing tradisional dengan mendatangi langsung konsumen melalui kegiatan tertentu, namun tetap dianjurkan untuk melakukan strategi digital marketing.

    Saat ini ada banyak platform yang bisa dipilih sebagai channel marketing, di antaranya website, media sosial atau iklan digital.

    Tips agar Strategi Branding Produk Tercapai

    Selain cara mengembangkan product branding di atas, terapkan juga tips berikut ini supaya tujuan dari strategi product branding ini tercapai.

    1. Buat Branding Lebih Manusiawi

    Pastikan branding yang Anda buat terlihat atau terdengar lebih manusiawi. Tujuannya supaya tercipta ikatan emosional antara konsumen dengan produk tersebut. Bahkan dengan branding yang lebih manusiawi menjadi trik untuk mengurangi biaya marketing.

    2. Konsisten dengan Branding Produk

    Setelah menetapkan seperti apa branding produk Anda, konsisten gunakan branding tersebut terus-menerus untuk waktu yang lama. Bukan cuma nama produk atau slogan saja, melainkan juga pattern nama produk dan slogan tersebut. Tujuannya supaya menempel lebih lama dalam ingatan konsumen.

    3. Utamakan Originalitas

    Dalam menentukan product branding atau strategi marketing, tak dipungkiri kalau Anda membutuhkan inspirasi. Akan tetapi, jangan sampai meniru kompetitor atau produk lain. Anda bisa terkena permasalahan plagiarisme bila mengikuti produk lain.

    Selain isu plagiarisme, konsumen pun mudah membaca bahwa produk Anda kurang kreatif dan berusaha untuk mencapai konsumen. Ingat, saat ini konsumen sudah semakin pintar untuk melakukan riset dan berpikir logis terhadap benar dan salah. Efeknya pun cukup berbahaya untuk bisnis secara menyeluruh.

    Cara Mendapatkan Modal untuk Mensukseskan Strategi Marketing

    Apabila Anda kekurangan modal untuk menjalankan aktivitas branding produk atau digital marketing, silakan manfaatkan fasilitas keuangan Pembiayaan Modal Kerja Syariah biar makin berkah.

    Terdapat dua skema pembiayaan yaitu membayar langsung ke Bank Mega Syariah atau melalui skema Joint Financing. Nilai angsuran bulanannya bersifat fleksibel. Itu berarti Anda bisa berdiskusi dengan pihak bank untuk menentukan nilai angsuran sesuai kemampuan keuangan.

    Adapun pilihan jangka waktu pembiayaannya hanya sampai 12 bulan. Sebenarnya ini kabar bahagia sebab Anda jadi lebih concern untuk menyusun strategi bisnis dan marketing agar target finansial bisnis bisa tercapai dalam waktu singkat. Dengan pilihan jangka waktu yang singkat juga membantu Anda terbebas dari lilitan uang.

    Namun, bila ternyata Anda masih membutuhkan waktu lebih, nasabah bisa berdiskusi dengan pihak Bank Mega Syariah untuk perpanjangan tempo.

    Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi website Bank Mega Syariah atau ke kantor cabang terdekat.

    Modal Kerja

    Bagikan Berita

  • Edukasi Menarik Lainnya
  • 6 Langkah Menuju Merdeka Finansial, Sulitkah?
  • Mengetahui Syarat dan Cara Mendaftar Sekolah Rakyat
  • Beasiswa Garuda Membuka Peluang Kuliah Gratis di Luar Negeri
  • Lihat Semua Artikel >>

    PT Bank Mega Syariah

    Kantor Pusat

    Menara Mega Syariah

    Jl. HR Rasuna Said Kav. 19A, Jakarta 12950

    Telp: (021) 2985 2000 (Hunting)

    Fax: (021) 2985 2100

    E-mail: corporate.affairs@megasyariah.co.id

    Layanan Nasabah

    Mega Syariah Call

    (021) 2985 2222

    customercare@megasyariah.co.id

    Ikuti Sosial Media Kami

    Terdaftar & Diawasi

    Bank Mega Syariah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

    *Maksimum nilai simpanan yang dijamin LPS per nasabah per bank adalah Rp 2 miliar

    Karir | Kebijakan Privasi | Pengaduan & Bantuan

    © PT Bank Mega Syariah