06 Agustus 2025 | Tim Bank Mega Syariah
Salah satu cara untuk mencapai atau meningkatkan target usaha adalah dengan melakukan branding produk. Mengapa branding menjadi penting? Sebab dengan pengembangan strategi brand image bisnis yang tepat, maka akan dengan mudah target pasar menemukan produk yang Anda tawarkan.
Sekalipun modal dibutuhkan untuk mengembangkan branding produk usaha, namun ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir pengeluaran usaha dan mendapatkan capaian target usaha yang diharapkan.
Bersumber dari Cambridge Dictionary, arti branding adalah aktivitas menghubungkan suatu produk dengan nama, simbol, fitur atau ide tertentu supaya orang mengenali produk tersebut dan berhasrat untuk membelinya.
Pengertian branding sebagai alat komunikasi bisnis antara produsen dan konsumennya melalui strategi dan upaya untuk memperkuat merek, membuatnya beda dengan kompetitor, sehingga lebih mudah menggapai koneksi emosional dengan konsumen.
Branding produk termasuk bagian dari jenis branding selain branding personal, corporate branding, destination branding, dan cultural branding. Product branding adalah jenis branding dengan target untuk memberikan dan memperkuat identitas produk.
Manfaat mengembangkan strategi product branding di antaranya untuk meningkatkan kemampuan bersaing produk dan bisnis di pasar, memberikan jalan kepada konsumen untuk mengenali produk Anda, serta meningkatkan jumlah loyalitas pelanggan.
Tiga karakteristik branding produk yaitu produk memiliki identitas yang unik, strategi branding harus lebih fokus terhadap product education bukan perusahaannya, dan memberikan contoh manfaat yang nyata bila konsumen mengonsumsi atau menggunakan produk tersebut.
Tak dipungkiri, untuk menyusun strategi brand produk dan menjalankannya itu susah-susah gampang. Dibutuhkan tim yang terjamin kompetensinya untuk melakukan pengembangan product branding. Namun bukan berarti tidak mungkin, kan. Berikut ini langkah-langkah untuk mengembangkan strategi branding produk yang efektif.
Sama halnya dengan membuat produk, Anda juga perlu menetapkan target pasar dan kompetitor untuk membuat strategi branding produknya. Cara untuk mengetahui karakteristik konsumen bisa dilakukan dengan cara survei pelanggan atau wawancara.
Dengan mengetahui target konsumen, termasuk karakteristik sampai kelompok ekonomi target konsumen tersebut, Anda jadi mengetahui strategi branding seperti apa yang sesuai dengan kebiasaan, gaya dan nilai kehidupan konsumen.
Langkah selanjutnya yakni menentukan nilai dan karakteristik produk tersebut. Hasil identifikasi atas nilai dan karakteristik produk tersebut yang menjadi kunci untuk menentukan strategi branding produk dan marketing dari produk tersebut. Nilai dan karakteristik ini juga yang akan membedakan produk Anda dengan kompetitor.
Baru setelah itu membuat aset visual produk. Apa maksudnya aset visual produk? Aset visual produk adalah harta kekayaan usaha dalam bentuk pemilihan nama produk, logo, pemilihan font dan nama produk sampai slogan.
Dalam pembuatan aset visual produk tersebut, Anda juga perlu mempertimbangkan cara untuk memengaruhi psikologis konsumen sehingga terjalin ikatan emosional antara konsumen dan produk tersebut.
Langkah yang tak kalah pentingnya adalah menentukan brand voice. Brand voice adalah media yang digunakan untuk menyampaikan pesan branding produk agar lebih mudah mencapai dan didengar oleh konsumen.
Brand voice bisa dalam bentuk kegiatan atau event atau campaign melalui media sosial dan website. Namun, disarankan untuk terus mengimplementasikan branding produk tersebut di setiap brand voice yang sedang dilakukan.
Langkah yang terakhir, memilih platform sebagai channel marketing untuk menjalankan strategi brand image tersebut. Sekalipun Anda melakukan strategi marketing tradisional dengan mendatangi langsung konsumen melalui kegiatan tertentu, namun tetap dianjurkan untuk melakukan strategi digital marketing.
Saat ini ada banyak platform yang bisa dipilih sebagai channel marketing, di antaranya website, media sosial atau iklan digital.
Selain cara mengembangkan product branding di atas, terapkan juga tips berikut ini supaya tujuan dari strategi product branding ini tercapai.
Pastikan branding yang Anda buat terlihat atau terdengar lebih manusiawi. Tujuannya supaya tercipta ikatan emosional antara konsumen dengan produk tersebut. Bahkan dengan branding yang lebih manusiawi menjadi trik untuk mengurangi biaya marketing.
Setelah menetapkan seperti apa branding produk Anda, konsisten gunakan branding tersebut terus-menerus untuk waktu yang lama. Bukan cuma nama produk atau slogan saja, melainkan juga pattern nama produk dan slogan tersebut. Tujuannya supaya menempel lebih lama dalam ingatan konsumen.
Dalam menentukan product branding atau strategi marketing, tak dipungkiri kalau Anda membutuhkan inspirasi. Akan tetapi, jangan sampai meniru kompetitor atau produk lain. Anda bisa terkena permasalahan plagiarisme bila mengikuti produk lain.
Selain isu plagiarisme, konsumen pun mudah membaca bahwa produk Anda kurang kreatif dan berusaha untuk mencapai konsumen. Ingat, saat ini konsumen sudah semakin pintar untuk melakukan riset dan berpikir logis terhadap benar dan salah. Efeknya pun cukup berbahaya untuk bisnis secara menyeluruh.
Apabila Anda kekurangan modal untuk menjalankan aktivitas branding produk atau digital marketing, silakan manfaatkan fasilitas keuangan Pembiayaan Modal Kerja Syariah biar makin berkah.
Terdapat dua skema pembiayaan yaitu membayar langsung ke Bank Mega Syariah atau melalui skema Joint Financing. Nilai angsuran bulanannya bersifat fleksibel. Itu berarti Anda bisa berdiskusi dengan pihak bank untuk menentukan nilai angsuran sesuai kemampuan keuangan.
Adapun pilihan jangka waktu pembiayaannya hanya sampai 12 bulan. Sebenarnya ini kabar bahagia sebab Anda jadi lebih concern untuk menyusun strategi bisnis dan marketing agar target finansial bisnis bisa tercapai dalam waktu singkat. Dengan pilihan jangka waktu yang singkat juga membantu Anda terbebas dari lilitan uang.
Namun, bila ternyata Anda masih membutuhkan waktu lebih, nasabah bisa berdiskusi dengan pihak Bank Mega Syariah untuk perpanjangan tempo.
Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi website Bank Mega Syariah atau ke kantor cabang terdekat.
Bagikan Berita