Apa Itu CSR Perusahaan? Ini Tujuan dan Contohnya
9 September 2024 | Tim Bank Mega Syariah
Di Indonesia, setiap perusahaan wajib memiliki program Corporate Social Responsibility alias CSR. Sederhananya, CSR adalah kewajiban dan tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan.
CSR merupakan bagian penting dari etika bisnis modern, di mana perusahaan berkomitmen untuk beroperasi secara berkelanjutan dengan memperhatikan kesejahteraan sosial, lingkungan, dan ekonomi.
Lantas, apa saja kewajiban CSR bagi perusahaan? Mari simak uraian selengkapnya berikut ini.
Apa Itu Corporate Social Responsibility (CSR)?
Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Perusahaan adalah konsep di mana perusahaan memiliki tanggung jawab untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan di sekitar.
Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas, Pasal 2 menyebutkan setiap perseroan subjek hukum wajib melakukan CSR.
Masih dalam aturan yang sama, Pasal 7 menyebutkan apabila perseroan berbadan hukum tersebut tidak melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungannya, maka dikenakan sanksi berdasarkan peraturan perundang-undangan.
Program CSR dirancang sebagai upaya perusahaan untuk berkontribusi pada pembangunan sosial dan lingkungan melalui berbagai program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Konsep ini mencakup berbagai bentuk kegiatan, seperti donasi, pelestarian lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan pengembangan komunitas.
Sumber dana untuk melakukan kegiatan CSR berasal dari Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) masing-masing perusahaan.
PP Nomor 47 Tahun 2012 menyebutkan kegiatan CSR dilakukan berdasarkan persetujuan Dewan Komisaris atau Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Besaran anggarannya berdasarkan anggaran dasar Perseroan.
Dalam proses perhitungan rancangan anggarannya, perusahaan harus memperhatikan kepatutan dan kewajaran. Peraturan perundangan tidak mengatur secara spesifik berapa persentasenya.
Tujuan dan Manfaat CSR
Tujuan utama CSR adalah menciptakan hubungan harmonis antara perusahaan dan masyarakat, serta memastikan bahwa perusahaan memberikan dampak positif terhadap lingkungan.
Selain itu, ada berbagai tujuan lain mengapa aktivitas CSR penting untuk perusahaan, di antaranya:
Meningkatkan Reputasi Perusahaan
Bila melihat dari segi perusahaan, sebenarnya CSR bisa menjadi strategi untuk meningkatkan brand image positif bagi perusahaan di mata masyarakat. Saat hal tersebut terjadi, maka masyarakat tak segan menggunakan produknya.
Dengan menjalankan program CSR, perusahaan dapat meningkatkan citra positif di mata konsumen, mitra bisnis, dan pemerintah.
Berperan dalam Pembangunan Berkelanjutan
CSR membantu perusahaan untuk berpartisipasi dalam pembangunan berkelanjutan dengan mengurangi dampak negatif operasional terhadap lingkungan dan masyarakat.
Program ini dirancang sebagai solusi untuk menyelesaikan persoalan di sekitar lingkungan perusahaan
Meningkatkan Loyalitas Konsumen
Konsumen cenderung lebih mendukung perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.
Meningkatkan Kesejahteraan Sosial
Melalui berbagai inisiatif sosial, perusahaan dapat membantu mengatasi masalah sosial seperti kemiskinan, pendidikan, dan kesehatan.
Bahkan, banyak CSR dirancang untuk mendukung program dan kegiatan pemerintah yang berkaitan untuk kemajuan bangsa dan negara.
Secara tak lansgung, CSR juga membantu perusahaan membangun hubungan yang lebih baik dengan pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, investor, dan masyarakat sekitar.
Mengurangi Risiko dan Memenuhi Regulasi
Beberapa negara mewajibkan perusahaan untuk menjalankan CSR sebagai bagian dari tanggung jawab mereka.
Dengan mematuhi regulasi ini, perusahaan dapat menghindari risiko hukum dan reputasi.
Jenis-jenis CSR
Ada beragam jenis CSR yang bisa perusahaan pilih dan disesuaikan berdasarkan industri perusahaan tersebut.
Namun, mengutip dari website hukum Hukum Online, terdapat tiga jenis kegiatan CSR. Jenis CSR berdasarkan jurnal Fungsi Corporate Social Responsibility dalam Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat, di antaranya.
Community Relations
Jenis CSR Community Relations merupakan jenis CSR yang berfokus pada perbaikan kesepahaman antara perusahaan dan masyarakat.
Kegiatannya dalam bentuk relasi, komunikasi dan informasi yang dibutuhkan masyarakat terkait aktivitas bisnis perusahaan.
Contoh pelaksanaan tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat seperti charity atau pemberian barang secara langsung.
Community Services
Sedangkan jenis Community Services adalah jenis CSR yang berfokus pada pelayanan kemasyarakatan dari perusahaan untuk masyarakat. Tujuan kegiatannya untuk mencukupi kebutuhan komunitas di masyarakat.
Kegiatan CSR-nya meliputi kegiatan pendidikan, kesehatan dan keagamaan. Perusahaan menawarkan solusi atas persoalan di tengah masyarakat melalui program-program dari perusahaan.
Community Empowering
Jenis CSR Community Empowering memiliki kegiatan CSR yang berfokus pada peningkatan kualitas dan taraf hidup komunitas masyarakat menjadi lebih baik.
Perusahaan memberikan akses yang lebih luas sebagai penunjang masyarakat untuk hidup secara mandiri dalam meningkatkan taraf hidupnya.
Contoh Kegiatan CSR Perusahaan
Beberapa bentuk kegiatan CSR yang umum terjadi di antaranya program rehabilitas alam, pengolahan limbah berwawasan lingkungan, penggunaan energi terbarukan, penerapan budaya kerja ramah SDM, hingga volunteering.
Perusahaan dapat melaksanakan CSR dalam berbagai bentuk, tergantung pada bidang bisnis dan prioritas perusahaan. Beberapa contoh bentuk CSR yang umum adalah:
Program pelestarian lingkungan seperti pengurangan emisi karbon, daur ulang, efisiensi energi, dan konservasi sumber daya alam.
Program pemberdayaan masyarakat yang umumnya meliputi pelatihan keterampilan, bantuan pendidikan, dan pemberian akses ke fasilitas kesehatan bagi masyarakat sekitar.
Program kesehatan dan keselamatan karyawan serta masyarakat melalui kampanye kesehatan, donor darah, vaksinasi, dan dukungan kesehatan mental.
Donasi ke yayasan amal, bantuan bencana, dan inisiatif sosial lainnya untuk mendukung komunitas yang membutuhkan.
Demikianlah pengertian CSR adalah kewajiban dan tanggung jawab perusahaan terhadap kondisi sosial dan lingkungan di masyarakat.
Dengan menjalankan program CSR, perusahaan tidak hanya membantu menciptakan dampak positif bagi komunitas, tetapi juga memperoleh berbagai keuntungan seperti peningkatan reputasi, loyalitas konsumen, dan hubungan yang lebih baik dengan pemangku kepentingan.
CSR merupakan langkah penting bagi perusahaan yang ingin beroperasi secara berkelanjutan dan etis di dunia bisnis modern.
Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat dan lingkungan, Bank Mega Syariah juga memiliki. program dan kegiatan CSR.
Program dan kegiatan CSR Bank Mega Syariah bertujuan untuk memberikan manfaat luas terhadap masyarakat, menjaga kelestarian lingkungan dan meminimalisasi dampak negatif terhadap seluruh pemangku kepentingannya.