Mengenal Safe Deposit Box, Penyimpanan Aman untuk Barang Berharga
26 September 2024 | Tim Bank Mega Syariah
Pernah mendengar istilah Safe Deposit Box (SDB)? Sederhananya, Safe Deposit Box adalah layanan jasa penyimpanan barang yang dirancang khusus untuk menjaga keamanan barang-barang berharga.
Fasilitas SDB cocok bagi Anda yang ingin menyimpan dokumen penting, perhiasan, atau benda berharga lainnya. Dibandingkan menyimpannya di rumah, layanan kotak simpanan ini menawarkan tingkat keamanan tinggi.
Lantas bagaimana cara mendapatkan layanan SDB? Yuk, simak penjelasan lengkapnya pada artikel satu ini!
Apa Itu Safe Deposit Box?
Safe Deposit Box (SDB) adalah kotak penyimpanan pribadi yang disewakan oleh bank atau lembaga keuangan kepada nasabah. Kotak SDB terbuat dari material baja yang tahan api dan ditempatkan di ruang khasanah dengan tingkat keamanan tinggi.
Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), layanan SDB bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada nasabah yang menyimpan harta atau dokumen penting di dalam ruang penyimpanan yang kokoh dan tahan terhadap berbagai risiko, termasuk bencana alam seperti pencurian, kebakaran, hingga bencana alam.
Dokumen berharga seperti sertifikat tanah, surat wasiat, dan benda bernilai tinggi seperti perhiasan adalah barang-barang yang umum disimpan di SDB, terutama ketika pemilik merasa tidak aman menyimpannya di rumah.
Kelebihan Safe Deposit Box
Menyimpan barang berharga di SDB memberikan ketenangan dan rasa nyaman. Anda tak perlu khawatir akan risiko pencurian atau bencana alam. Berikut ini kelebihan lain dari SDB:
Keamanan Tinggi
SDB dilengkapi dengan sistem keamanan berlapis, termasuk pemantauan 24 jam, baik secara fisik maupun digital. Akses ganda yang hanya bisa dibuka dengan kunci milik nasabah serta kunci yang dipegang oleh pihak bank.
Barang-barang Anda terlindungi dari risiko pencurian atau perusakan yang lebih tinggi jika disimpan di rumah. Hal ini membuat barang-barang yang disimpan lebih aman dari risiko pencurian atau kerusakan.
Perlindungan dari Bencana
Ruang penyimpanan biasanya berada di dalam ruang khasanah bank yang kokoh dan dilengkapi dengan material baja tahan api. Tujuannya untuk melindungi barang dari kebakaran, banjir, gempa bumi, dan bencana lainnya.
Menurut OJK, kotak simpanan ini sangat ideal untuk menyimpan dokumen dan barang berharga yang tidak tahan terhadap kondisi ekstrem di rumah.
Privasi dan Kenyamanan
Layanan SDB memberikan privasi maksimal kepada nasabah. Barang-barang yang disimpan tidak diketahui oleh pihak bank.
Selain itu, tersedia berbagai ukuran kotak untuk menyesuaikan dengan kebutuhan penyewa, baik perorangan maupun badan usaha.
Biaya Asuransi Lebih Rendah
Asuransi untuk barang-barang yang disimpan di SDB biasanya lebih rendah dibandingkan barang yang disimpan di rumah.
Dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi, risiko kehilangan atau kerusakan barang juga lebih kecil, sehingga biaya asuransi dapat ditekan. Biaya asuransi untuk barang-barang yang disimpan di bank lebih terjangkau.
Akses yang Mudah
Meskipun memiliki tingkat keamanan tinggi, akses ke Safe Deposit Box sangatlah mudah bagi penyewa.
Anda hanya perlu menggunakan kunci pribadi yang diberikan saat pertama kali menyewa, dan bersama dengan kunci dari pihak bank, Anda bisa mengakses barang kapan pun diperlukan dalam jam kerja bank. Namun, penting untuk menjaga agar kunci tersebut tidak hilang, ya!
Ketentuan Penyewaan SDB
Sebelum memutuskan untuk menyewa layanan SDB, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Setiap penyedia layanan sewa Safe Deposit Box memiliki ketentuan tersendiri. Tetapi secara umum berikut ini penjelasan terkait syarat menyewa SDB:
Terdapat Biaya Sewa
Menyimpan barang-barang berharga atau aset penting di Safe Deposit Box memerlukan biaya sewa. Besaran biaya ini mengikuti ukuran box yang Anda pilih, apakah small, medium, atau large. Semakin besar ukuran, biaya sewanya akan semakin tinggi.
Selain uang sewa, bank juga mengenakan uang agunan kunci dan denda keterlambatan. Pastikan kunci SDB tidak hilang atau disalahgunakan oleh orang lain. Jika hilang, penggantian kunci membutuhkan biaya tambahan.
Barang yang Diperbolehkan
Terdapat beberapa barang yang diperbolehkan dan umum disimpan di SDB, yaitu:
Sertifikat tanah, akta kelahiran, surat wasiat
Emas, perhiasan, logam mulia
Karya seni berharga, koin koleksi
Dokumen bisnis atau kontrak penting
Backup data digital di hard disk atau flash drive
Apapun jenis barang berharga yang Anda simpan, pastikan mencatat daftar barang yang disimpan lalu menyimpan salinan dokumen penting tersebut di rumah, ya!
Barang yang Tidak Diperbolehkan Disimpan di SDB
Selain itu, ada beberapa barang yang tidak boleh disimpan dalam SDB, antara lain:
Senjata api atau bahan peledak
Barang yang sangat diperlukan dalam keadaan darurat seperti catatan kesehatan atau surat kuasa
Barang-barang yang dilarang oleh bank atau peraturan perundang-undangan yang berlaku
Tanggung Jawab atas Kehilangan dan Kerusakan
Menurut OJK, bank tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan barang yang disimpan akibat bencana alam seperti gempa bumi, banjir, perang, atau force majeur lainnya.
Bank juga tidak bertanggung jawab jika kualitas atau kuantitas barang berubah karena bukan kesalahan bank.
Cara Menggunakan Safe Deposit Box
Anda bisa menyewa layanan SDB di berbagai instansi resmi yang memang menyediakan jasa safe deposit box, seperti di Bank Mega Syariah.
Selanjutnya, Anda bisa mendaftar dan menggunakan layanan Safe Deposit Box sesuai ketentuan. Jika masih bingung, berikut ini panduan tata cara pembukaan SDB:
Registrasi dan Pembukaan Akun
Untuk menggunakan SDB, Anda perlu mendatangi bank yang menyediakan layanan ini. Jika Anda belum menjadi nasabah bank tersebut, Anda akan diarahkan untuk membuat akun rekening terlebih dahulu.
Setelah itu, Anda juga diharuskan memenuhi persyaratan, termasuk membayar sewa box sesuai ukuran brankas yang Anda pilih. Lalu, bank dan nasabah menuangkan kesepakatan penggunaan SDB dalam perjanjian tertulis, termasuk biaya, hak, dan kewajiban dari para pihak.
Mendapatkan Akses Kunci
Setelah registrasi, Anda akan mendapatkan dua kunci, satu dipegang oleh nasabah dan satu lagi oleh pihak bank. Proses pembukaan kotak membutuhkan kedua kunci ini untuk memastikan keamanan berlapis.
Kunci tersebut dapat digunakan untuk membuka dan menutup secara berkala brankas yang disewa kapan saja ketika diperlukan.
Mengakses SDB
Akses ke SDB sangat terbatas, dan hanya bisa dilakukan dengan verifikasi identitas. Biasanya, petugas akan meninggalkan Anda sendiri untuk mengambil, memeriksa, atau meletakkan barang ke dalam brankas. Tujuannya agar privasi Anda sebagai nasabah tetap terjaga.
Jika Anda kehilangan kunci, biaya penggantian kunci dan pembongkaran SDB akan dibebankan kepada nasabah. Lalu, proses pembongkaran harus disaksikan oleh penyewa sendiri.
Manfaatkan Layanan SDB di Bank Mega Syariah
Safe Deposit Box adalah solusi ideal untuk menyimpan barang-barang berharga dengan keamanan maksimal. Dengan beragam fitur keamanan dan perlindungan yang ditawarkan, Anda dapat merasa tenang menyimpan dokumen penting, perhiasan, atau aset berharga lainnya di dalamnya.
Namun, penting untuk memilih bank dengan reputasi baik dan memahami biaya serta tanggung jawab yang terlibat. Salah satunya Bank Mega Syariah yang menyediakan layanan SDB yang sesuai dengan prinsip syariah.
Manfaat layanan SDB Bank Mega Syariah sebagai tempat penyimpanan barang berharga Anda antara lin:
Sesuai dengan prinsip syariah. Akad yang digunakan dalam penyewaan SDB adalah Ijarah.
Memecah risiko kehilangan harta total, karena lokasinya berbeda dari tempat tinggal.
Ruang khasanah memiliki standar keamanan dan kerahasiaan yang sesuai, dengan dukungan sistem keamanan 24 jam.
Tarif sewa yang kompetitif.
Dapatkan program gratis layanan SDB untuk nasabah MegaFirst Syariah.
Bank dan nasabah menuangkan kesepakatan penggunaan SDB dalam perjanjian tertulis sesuai prinsip syariah dan ketentuan perundang-undangan. Kesepakatan termasuk biaya, hak, dan kewajiban dari para pihak.
Jika Anda ingin mendapatkan layanan Safe Deposit Box (SDB) dari Bank Mega Syariah, silakan datang ke kantor cabang Bank Mega Syariah terdekat atau hubungi Mega Syariah Call di nomor 021 - 2985 2222.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.