Jaringan Kami
M-Syariah
Contact Center
  • Produk

    Individu

    Bisnis

    Simpanan
    Pembiayaan
    Kartu Debit
    Kartu Pembiayaan
    Loyalty & Benefit
    Donasi dan Amal
    Simpanan
    Pembiayaan
  • Digital Banking
    M-Syariah
    Virtual Account
    Cash Management Services
    Deposito Online
    QRIS Acquiring
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    Bancassurance
    Reksadana
  • Layanan
    BI-RTGS
    SKNBI
    BI FAST
    Bank Garansi
    Transfer Online
    LC & SKBDN
    Safe Deposit Box (SDB)
    Remittance
    ATM
  • Tentang Kami

    Profil Perusahaan

    Profil Manajemen

    Laporan Keuangan Perusahaan

    CSR

    Karir

    Sejarah Perusahaan
    Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    Struktur Organisasi
    Struktur Kepemilikan
    Struktur CT Corp
    Keunggulan BMS
    Penghargaan
    Dewan Komisaris
    Dewan Direksi
    Dewan Pengawas Syariah
    Pejabat Eksekutif
    Sekretaris Perusahaan

    Tata Kelola Perusahaan

    Pelaksanaan Tata Kelola
    Laporan Eksposur Risiko
    Laporan Pengaduan Nasabah
    WhistleBlowing System
    Laporan Tahunan
    Laporan Keberlanjutan
    Laporan Bulanan
    Laporan Triwulanan
    Laporan Keuangan Tahunan
    Laporan Keuangan Induk
    Laporan Tahunan Entitas Induk
    Kebijakan CSR
    Kegiatan CSR BMS
    Mega Syariah Berbagi
  • Artikel
    Berita
    Edukasi & Tips
  • Promosi
x
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Pengumuman Klasemen Sementara Balapan QRIS
Donasi dan Amal
Deposito Online
CMS
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Pengumuman Klasemen Sementara Balapan QRIS
Donasi dan Amal
Deposito Online
CMS
  • Produk
    • Individu
    • Simpanan
    • Pembiayaan
    • Kartu Debit
    • Kartu Pembiayaan
    • Loyalty & Benefit
    • Donasi dan Amal
    • Bisnis
    • Simpanan
    • Pembiayaan
  • Digital Banking
    • M-Syariah
    • Virtual Account
    • Cash Management System
    • Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    • Bancassurance
    • Reksadana
  • Layanan
    • BI-RTGS
    • SKNBI
    • BI FAST
    • Bank Garansi
    • Transfer Online
    • LC & SKBDN
    • Safe Deposit Box (SDB)
    • Remittance
    • ATM
  • Tentang Kami
    • Profil Perusahaan
    • Sejarah Perusahaan
    • Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    • Struktur Organisasi
    • Struktur Kepemilikan
    • Struktur CT Corp
    • Keunggulan BMS
    • Penghargaan
    • Profil Manajemen
    • Dewan Komisaris
    • Dewan Direksi
    • Dewan Pengawas Syariah
    • Pejabat Eksekutif
    • Sekretaris Perusahaan
    • Laporan Keuangan Perusahaan
    • Laporan Tahunan
    • Laporan Keberlanjutan
    • Laporan Bulanan
    • Laporan Triwulanan
    • Laporan Keuangan Tahunan
    • Laporan Keuangan Induk
    • Laporan Tahunan Entitas Induk
    • Tata Kelola Perusahaan
    • Pelaksanaan Tata Kelola
    • Laporan Eksposur Risiko
    • Laporan Pengaduan Nasabah
    • WhistleBlowing System

    • CSR
    • Kebijakan CSR
    • Kegiatan CSR BMS
    • Mega Syariah Berbagi

    • Karir
  • Artikel
    • Berita
    • Edukasi & Tips
  • Promosi
  1. Edukasi & Tips
  2. Pembiayaan
  • Edukasi Menarik Lainnya
  • 15 Rekomendasi Gadget Terlengkap dan Update 2025
  • 10 Strategi Meningkatkan Omzet Bisnis Berkelanjutan
  • Strategi Melunaskan Cicilan: Metode Debt Stacking & Snowball
  • Lihat Semua Artikel >>
  • 10 Strategi Meningkatkan Omzet Bisnis Berkelanjutan

    11 November 2025 | Tim Bank Mega Syariah

    Setiap wirausaha atau pebisnis menginginkan pendapatan bisnisnya berjalan lancar dan meningkat. Hanya saja, untuk mencapai target tersebut dibutuhkan strategi meningkatkan omzet bisnis yang matang dan terperinci.

    Omzet bisnis yang meningkat adalah tanda kalau bisnis Anda mulai berkembang. Untuk mempertahankan kestabilan peningkatan omzet tersebut, perencanaan bisnis harus matang dan mengoptimalkan seluruh aspek dan modal yang dimiliki.

    Bagaimana cara menyusun strategi meningkatkan omzet bisnis? Mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

    10 Strategi Meningkatkan Omzet Bisnis

    Dalam bisnis, omzet adalah jumlah pendapatan yang didapatkan dari hasil penjualan barang atau jasa pada periode waktu tertentu. Omzet termasuk parameter krusial untuk mengetahui perkembangan dan kesuksesan bisnis. Namun, untuk menyusun strategi meningkatkan omzet bisnis susah-susah gampang. Berikut ini cara membuat perencanaan atau strategi untuk meningkatkan omzet bisnis.

    1. Melakukan Riset Pasar dan Mengidentifikasi

    Ketika memulai usaha, tentu Anda sudah mengetahui siapa target pasarnya. Akan tetapi, untuk meningkatkan omzet, proses riset dan identifikasinya harus lebih diperinci supaya strategi meningkatkan omzet bisnisnya tepat sasaran dan akurat.

    Setelah memegang data penjualan dan keuangan usaha sendiri, lalu riset kondisi pasar terkini termasuk kompetitor. Mulai dari pergeseran kelompok usia, kebiasaan, jenis kelamin, kebiasaan pelanggan sampai teknik pemasaran yang tepat.

    2. Memperhatikan Kualitas Produk Terkini

    Di sisi lain, Anda harus memastikan produk berupa barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen sesuai dengan biaya yang harus dikeluarkan. Mencari tahu fungsi barang atau jasa tersebut bagi pelanggan, termasuk kepuasan pelanggan setelah menggunakan produk Anda.

    Jika diperlukan untuk melakukan improvement, Anda sudah harus siap guna memperbaiki atau meningkatkan kualitas produk. Jadi, sekalipun harganya mahal, pelanggan masih merasa worth it untuk membeli produk tersebut.

    3. Menyediakan Berbagai Metode Pembayaran

    Saat ini, metode pembayaran yang tersedia di toko Anda apakah hanya pembayaran secara tunai atau bisa transfer? Kalau kedua metode pembayaran tersebut sudah ada, tambahkan satu metode pembayaran lagi secara cashless melalui scan barcode QR. Di tengah kebiasaan baru cashless ini, adanya scan barcode bisa menjadi nilai plus.

    Di sisi lain, metode transfer pun perlu diperbarui. Bila sebelumnya transfer melalui rekening bank, tambahkan pula transfer melalui e-wallet atau dompet digital.

    4. Mengadakan Promo Khusus

    Sesekali mengadakan promo khusus secara rutin namun dengan pilihan yang berbeda. Di Era Teknologi saat ini, lazimnya wirausaha akan memberikan promo menarik di tanggal-tanggal kembar seperti 1:1 atau 12:12.

    Meski cukup menggiurkan, namun jangan terlalu sering mengadakan promo di tanggal kembar. Alihkan promo di tanggal-tanggal penting lain misalnya hari ibu, hari ayah, hari pendidikan dan hari-hari besar lainnya.

    Kemudian bentuk promo pun tidak hanya penurunan harga saja. Beberapa ide menarik untuk promo seperti beli produk satu gratis produk lain, buy one get one, atau paket bundling. Sebelum secara resmi memasarkan promo tersebut, perhitungkan dari segi modal dan keuntungan dari aktivitas promo tersebut.

    5. Menentukan Platform Digital Marketing

    Tak dipungkiri strategi digital marketing merupakan strategi pemasaran yang cukup efektif untuk meningkatkan omzet penjualan. Di samping media sosial, platform online lainnya seperti e-commerce, website, ataupun aplikasi lainnya bisa jadi pilihan alternatif.

    Melakukan pemasaran secara online membutuhkan budget lebih mahal untuk mendatangkan hasil yang maksimal.

    Akan tetapi, Anda bisa menghematnya dengan mempertimbangkan kebiasaan dan referensi pelanggan Anda. Sebagai contoh bila pelanggan Anda kelompok pengguna aktif Instagram, maka Anda bisa fokus untuk beriklan melalui Instagram. Selektif dan mempertimbangkan dengan cermat platform pemasaran membantu menghemat budget marketing.

    6. Memanfaatkan Kredibilitas dan Image Merek Bisnis

    Jika merek bisnis atau perusahaan Anda memiliki image bisnis bagus atau mendapatkan penghargaan tertentu, maka manfaatkan kredibilitas tersebut untuk menarik kepercayaan pelanggan.

    Bahkan image sederhana seperti penjualan terbaik di aplikasi pesan makanan online atau e-commerce harus Anda manfaatkan untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan, terutama pelanggan loyalitas.

    7. Memanfaatkan Testimoni atau Honest Review

    Selain kredibilitas merek dalam bentuk penghargaan atau sertifikasi, testimoni atau honest review turut memengaruhi calon pelanggan untuk menggunakan atau mengonsumsi produk Anda. Terlebih honest review berasal dari sesama konsumen yang juga mengeluarkan uang untuk membeli produk tersebut. Tentunya tingkat kredibilitas dan rasa percayanya lebih besar dan lebih berpengaruh.

    8. Memberikan Layanan Pelanggan yang Maksimal

    Salah satu kesalahan owner bisnis, apalagi di tingkat UMKM, yang cukup dan memengaruhi omzet bisnis adalah tidak memiliki konsep pelayanan dan penanganan. Baik itu keluhan pelanggan ataupun feedback apapun yang disampaikan pelanggan, keseluruhannya harus teratasi dengan baik.

    Indikator kepuasan pelanggan berasal dari fungsi produk dan juga pelayanan yang didapatkannya ketika bertransaksi, bernegosiasi, hingga pada saat menyampaikan keluhan ataupun memberikan insight untuk merk tersebut.

    9. Menjaga Relationship dengan Loyalitas Pelanggan

    Umumnya, beberapa wirausaha atau pebisnis menargetkan perluasan target pasar di tengah pelaksanaan strategi meningkatkan omzet bisnis. Tanpa Anda sadari, Anda tidak terlalu fokus mengelola hubungan dan keterikatan dengan pelanggan loyal yang sudah ada dan kembali lagi ke produk Anda.

    Membangun customer relationship kepada pelanggan loyal sangat krusial untuk perkembangan dan kemajuan bisnis. Di sisi lain, calon pelanggan atau pelanggan biasa lebih mudah mempercayai honest review dari sesama pelanggan. Sementara bila Anda sudah memiliki banyak loyalitas pelanggan, rasanya cukup mudah mendapatkan honest review tersebut.

    Cara membangun dan menjaga relationship dengan pelanggan loyalitas dengan merekomendasikan produk secara personal. Ajak berbicara pelanggan terkait apa kebutuhan dan persoalan yang dihadapi ataupun seleranya. Baru kemudian bagian penjualan atau customer service akan menawarkan produk sesuai kebutuhan atau persoalan tersebut. Cara seperti ini menguntungkan, selain berhasil menjual produk Anda juga meraih kepuasan pelanggan.

    10. Mengevaluasi Strategi dan Melakukan Perbaikan

    Di setiap perencanaan dan aktivitas bisnis selalu diikuti dengan evaluasi di akhir periodenya. Jangan sampai Anda meninggalkan elemen terpenting ini. Rasanya percuma saja bila strategi meningkatkan omzet bisnis Anda berhasil namun tidak ditutup dengan evaluasi. Justru di strategi selanjutnya, Anda bisa kesulitan mencapai target baru.

    Sebaliknya kalau melakukan evaluasi setelah melakukan strategi meningkatkan omzet bisnis, Anda akan mengetahui bagian mana yang kurang, bagian mana yang harus melakukan perbaikan dan strategi tepat untuk periode selanjutnya.

    Misalnya apakah Anda akan berinovasi dari segi diversifikasi produk, diversifikasi layanan pelanggan, ataupun improvement dari sektor digital marketing. Apapun keputusannya untuk periode selanjutnya, Anda perlu mempersiapkan dana tambahan agar target strategi meningkatkan omzet bisnis tercapai.

    Bank Mega Syariah mendukung kesuksesan dan capaian target dari strategi meningkatkan omzet bisnis Anda melalui fasilitas keuangan Pembiayaan Modal Kerja Syariah. Tersedia skema pembiayaan joint financing dengan tetap menerapkan prinsip syariah akad murabahah, musyarakah, dan mudharabah.

    Sebagai pemilik bisnis, Anda akan diuntungkan sebab pembayaran angsurannya bersifat fleksibel. Itu berarti Anda bisa berdiskusi dan bernegosiasi dengan Bank Mega Syariah terkait angsuran bulanannya.

    Untuk informasi selengkapnya silakan kunjungi website Bank Mega Syariah atau datang langsung ke kantor cabang terdekat dari lokasi Anda.

    Modal Kerja

    Bagikan Berita

  • Edukasi Menarik Lainnya
  • 15 Rekomendasi Gadget Terlengkap dan Update 2025
  • 10 Strategi Meningkatkan Omzet Bisnis Berkelanjutan
  • Strategi Melunaskan Cicilan: Metode Debt Stacking & Snowball
  • Lihat Semua Artikel >>

    PT Bank Mega Syariah

    Kantor Pusat

    Menara Mega Syariah

    Jl. HR Rasuna Said Kav. 19A, Jakarta 12950

    Telp: (021) 2985 2000 (Hunting)

    Fax: (021) 2985 2100

    E-mail: corporate.affairs@megasyariah.co.id

    Layanan Nasabah

    Mega Syariah Call

    (021) 2985 2222

    customercare@megasyariah.co.id

    Ikuti Sosial Media Kami

    Terdaftar & Diawasi

    Bank Mega Syariah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

    *Maksimum nilai simpanan yang dijamin LPS per nasabah per bank adalah Rp 2 miliar

    Karir | Kebijakan Privasi | Pengaduan & Bantuan

    © PT Bank Mega Syariah