Jaringan Kami
M-Syariah
Contact Center
  • Produk

    Individu

    Bisnis

    Simpanan
    Pembiayaan
    Kartu Debit
    Kartu Pembiayaan
    Loyalty & Benefit
    Donasi dan Amal
    Simpanan
    Pembiayaan
  • Digital Banking
    M-Syariah
    Virtual Account
    Cash Management Services
    Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    Bancassurance
    Reksadana
  • Layanan
    BI-RTGS
    SKNBI
    BI FAST
    Bank Garansi
    Transfer Online
    LC & SKBDN
    Safe Deposit Box (SDB)
    Remittance
    ATM
  • Tentang Kami

    Profil Perusahaan

    Profil Manajemen

    Laporan Keuangan Perusahaan

    CSR

    Karir

    Sejarah Perusahaan
    Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    Struktur Organisasi
    Struktur Kepemilikan
    Struktur CT Corp
    Keunggulan BMS
    Penghargaan
    Dewan Komisaris
    Dewan Direksi
    Dewan Pengawas Syariah
    Pejabat Eksekutif
    Sekretaris Perusahaan

    Tata Kelola Perusahaan

    Pelaksanaan Tata Kelola
    Laporan Eksposur Risiko
    Laporan Pengaduan Nasabah
    WhistleBlowing System
    Laporan Tahunan
    Laporan Keberlanjutan
    Laporan Bulanan
    Laporan Triwulanan
    Laporan Keuangan Tahunan
    Laporan Keuangan Induk
    Laporan Tahunan Entitas Induk
    Kebijakan CSR
    Kegiatan CSR BMS
    Mega Syariah Berbagi
  • Artikel
    Berita
    Edukasi & Tips
  • Promosi
x
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Investasi di Deposito Berkah Digital, Dapatkan Extra Berkah dengan Total Benefit Hingga 6% p.a!
Donasi dan Amal
CMS
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Investasi di Deposito Berkah Digital, Dapatkan Extra Berkah dengan Total Benefit Hingga 6% p.a!
Donasi dan Amal
CMS
  • Produk
    • Individu
    • Simpanan
    • Pembiayaan
    • Kartu Debit
    • Kartu Pembiayaan
    • Loyalty & Benefit
    • Donasi dan Amal
    • Bisnis
    • Simpanan
    • Pembiayaan
  • Digital Banking
    • M-Syariah
    • Virtual Account
    • Cash Management System
    • Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    • Bancassurance
    • Reksadana
  • Layanan
    • BI-RTGS
    • SKNBI
    • BI FAST
    • Bank Garansi
    • Transfer Online
    • LC & SKBDN
    • Safe Deposit Box (SDB)
    • Remittance
    • ATM
  • Tentang Kami
    • Profil Perusahaan
    • Sejarah Perusahaan
    • Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    • Struktur Organisasi
    • Struktur Kepemilikan
    • Struktur CT Corp
    • Keunggulan BMS
    • Penghargaan
    • Profil Manajemen
    • Dewan Komisaris
    • Dewan Direksi
    • Dewan Pengawas Syariah
    • Pejabat Eksekutif
    • Sekretaris Perusahaan
    • Laporan Keuangan Perusahaan
    • Laporan Tahunan
    • Laporan Keberlanjutan
    • Laporan Bulanan
    • Laporan Triwulanan
    • Laporan Keuangan Tahunan
    • Laporan Keuangan Induk
    • Laporan Tahunan Entitas Induk
    • Tata Kelola Perusahaan
    • Pelaksanaan Tata Kelola
    • Laporan Eksposur Risiko
    • Laporan Pengaduan Nasabah
    • WhistleBlowing System

    • CSR
    • Kebijakan CSR
    • Kegiatan CSR BMS
    • Mega Syariah Berbagi

    • Karir
  • Artikel
    • Berita
    • Edukasi & Tips
  • Promosi
  1. Edukasi & Tips
  2. Digital Banking
  • Edukasi Menarik Lainnya
  • 10 Rekomendasi Makanan Enak di Turki yang Wajib Anda Coba!
  • Apa Itu IHSG? Kenali Definisi, Istilah dan Perannya Bagi Investor
  • Intermittent Fasting: Definisi, Manfaat, & Prosedur Penerapannya
  • Lihat Semua Artikel >>
  • Bank Digital: Pengertian, Manfaat, dan Tips Memilihnya

    12 Januari 2024 | Tim Bank Mega Syariah

    Saat ini bank digital mulai menjamur di Indonesia. Mulanya perusahaan bank digital ini memang menawarkan fasilitas dan layanan perbankan secara digital, termasuk dalam pembukaan rekening yang dilakukan secara online melalui aplikasi digital perbankan.

    Namun, melihat perkembangannya yang semakin pesat dan manfaatnya yang begitu dirasakan seluruh masyarakat, banyak bank-bank konvensional turut mengembangkan sistem perbankan digital.

    Bukan hanya memudahkan dalam bertransaksi, nasabah juga bisa membuka rekening bank konvensional melalui sistem perbankan digital miliknya.

    Untuk memahami lebih terperinci mengenai apa itu bank digital dan sistem perbankan digital hingga alasan kenapa perlu beralih menggunakan bank digital, simak ulasan berikut ini.

    Mengenal Apa Itu Bank Digital

    Bank digital adalah perusahaan bank yang mengandalkan teknologi atau meng-upgrade sistem finansialnya menggunakan sistem yang telah terdigitalisasi atau digital perbankan.

    Inovasi perbankan digital memudahkan nasabahnya untuk melakukan transaksi dan aktivitas finansial lainnya di mana saja tanpa perlu mendatangi kantor cabang.

    Melansir dari laman Forbes, perbankan digital memiliki makna sistem yang mencampurkan layanan perbankan secara online (internet banking) dan perbankan seluler (mobile banking) dalam satu sistem.

    Adapun menurut Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 12 /POJK.03/2018 menyebutkan pengertian dari layanan perbankan digital sebagai layanan untuk nasabah perbankan untuk mendapatkan informasi, komunikasi, dan transaksi perbankan secara elektronik dengan mengoptimalkan fungsi data nasabah sehingga pelayanan perbankan jadi lebih cepat, mudah, sesuai kebutuhan nasabah, mandiri serta aman.

    Selain lembaga keuangan baru yang menyediakan layanan bank digital, ada banyak perusahaan perbankan, baik syariah maupun konvensional, yang mulai mengembangkan layanan perbankan digital ini diversifikasi layanan perbankan dan transaksi keuangan.

    Bentuk Digital Banking

    Menurut OJK sendiri terdapat 4 bentuk layanan bank digital antara lain SMS banking, phone banking, internet banking dan mobile banking. Berikut ini penjelasan masing-masing bentuk layanan.

    1. SMS Banking

    SMS banking merupakan aktivitas perbankan yang dilakukan nasabah bank melalui ponsel menggunakan format SMS (Short Message Service). Caranya cukup mudah yakni nasabah hanya perlu mengirimkan SMS ke nomor layanan bank terkait atau melalui aplikasi perbankan yang telah terinstal. Aktivitas perbankan yang bisa dilakukan melalui SMS banking, di antaranya:

    • Cek saldo

    • Transfer uang

    • Mutasi rekening

    • Pembayaran tagihan kartu kredit

    • Isi ulang pulsa

    2. Phone Banking

    Sedangkan phone banking sendiri aktivitas perbankan yang dilakukan nasabah melalui handphone dengan cara menghubungi contact center perusahaan bank terkait. Bank akan mempersiapkan karyawan khusus untuk membantu nasabah transaksi melalui telepon atau melalui program otomatis.

    Aktivitas perbankan yang bisa dilakukan menggunakan Phone banking, antara lain:

    • Cek saldo

    • Transfer uang

    • Mutasi rekening

    • Pembayaran tagihan kartu kredit

    • Isi ulang pulsa

    3. Internet Banking

    Internet banking merupakan aktivitas perbankan yang dilakukan nasabah melalui perangkat khusus seperti komputer atau laptop yang memiliki konektivitas internet dan dapat mengakses jaringan atau situs internet bank khusus. Aktivitas perbankan yang bisa dilakukan antara lain:

    • Transfer uang

    • Cek saldo

    • Cek informasi nilai tukar

    • Mutasi rekening

    • Pembayaran tagihan seperti kartu kredit, listrik sampai tagihan telepon

    • Pembelian lifestyle seperti isi ulang pulsa, tiket pesawat dan saham

    4. Mobile Banking

    Mobile banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan nasabah melalui smartphone. Sistemnya hampir sama dengan SMS banking hanya saja lebih canggih. Perusahaan bank akan bekerja sama dengan operator seluler sehingga SIM Card GSM nasabah bisa dipasangkan program khusus untuk melakukan transaksi bank.

    Aktivitas perbankan yang bisa dilakukan melalui m-banking, beberapa di antaranya:

    • Cek saldo

    • Transfer uang

    • Mutasi rekening

    • Cek informasi nilai tukar

    • Pembayaran tagihan seperti kartu kredit, telepon, listrik, PLN hingga asuransi

    • Pembeliaan produk lifestyle seperti isi ulang pulsa dan saham

    Manfaat Bank Digital

    Manfaat menggunakan digital perbankan dalam transaksi keuangan yakni nasabah dapat mengakses layanan tersebut tanpa batas setiap hari selama 24 jam, mengurangi beban biaya administrasi dan layanan perbankan karena layanan perbankan yang telah terintegrasi serta memenuhi kebutuhan nasabahnya.

    Sebab ada banyak transaksi yang bisa dilakukan melalui bank digital. Mulai dari cek saldo, transfer uang antar atau sesama bank, membayar seluruh tagihan bulanan, hingga membeli produk lifestyle seperti pulsa, asuransi, saham hingga membeli tiket pesawat atau kereta.

    Bagaimana dengan keamanannya? Sekalipun sempat dihantui dengan kejahatan phising. Namun setiap lembaga keuangan atau perusahaan bank mulai meng-upgrade seluruh sistem security bank digital miliknya dengan beberapa fitur seperti one-time password (OTP) atau otentikasi biometrik sehingga transaksi finansial secara online saat ini semakin aman.

    Manfaat yang terakhir yakni nasabah dapat mengontrol setiap transaksi finansialnya secara mandiri sesuai kebutuhannya masing-masing.

    Kenapa Harus Pakai Digital Banking?

    Alasan utama kenapa harus menggunakan perbankan digital ini adalah untuk memudahkan transaksi keuangan nasabahnya secara mandiri dan tanpa terbatas.

    Secara spesifik berikut ini alasan mengapa perlu menggunakan bank digital.

    1. Berbagai Transaksi Perbankan dalam Satu Aplikasi

    Nasabah dapat melakukan transfer uang ke sesama atau antar rekening, membayar seluruh tagihan, hingga membeli produk lifestyle dalam satu aplikasi yang sama.

    Dengan begitu, seluruh aktivitas transaksional tersebut dapat tercatat rapi.

    2. Berbagai Fitur dan Layanan Pendukung

    Umumnya perbankan digital ini memiliki layanan dasar transfer uang ke sesama atau antar bank, memeriksa saldo, membayar tagihan (listrik, PLN, BPJS, hingga asuransi dan PDAM), membeli produk lifestyle (pulsa, saham, donasi, zakat/infaq/sedekah, produk experience).

    Hingga terkini calon nasabah dapat membuka rekening secara online melalui sistem perbankan digital. Bahkan, di Bank Mega Syariah Anda bisa daftar haji secara online di M-Syariah.

    3. Akses Tanpa Batas selama 24 Jam

    Bila dulu Anda perlu menyesuaikan jam operasional kantor cabang bank untuk melakukan transaksi keuangan.

    Saat ini, nasabah dapat melakukan seluruh transaksi keuangan dan perbankan di mana saja dan kapan saja sekalipun saat tengah malam.

    4. Biaya Transfer dan Admin Lebih Murah

    Produk bank digital masih membebankan nasabahnya biaya administrasi bulanan dan biaya transfer. Akan tetapi nominalnya lebih rendah dibandingkan transaksi di kantor cabang.

    Bahkan bila nasabah mentransfer uang ke sesama rekening bank dibebaskan biaya transfer.

    5. Berbagai Penawaran Diskon dan Promo

    Alasan yang terakhir kenapa perlu menggunakan perbankan digital yakni ada banyak merchant yang bekerja sama dengan perusahaan bank.

    Alhasil, pelanggan diuntungkan karena terdapat diskon dan penawaran khusus yang diberikan khusus nasabah perbankan tertentu.

    Tips Memilih Bank Digital Terbaik

    Ada banyak perusahaan bank dan lembaga keuangan yang menawarkan produk perbankan digital dengan berbagai penawaran yang cukup menggiurkan. Bagaimana cara memilih bank digital terbaik? Beberapa faktor yang perlu Anda pertimbangkan, antara lain:

    • Pastikan sistem keamanan mumpuni.

    • Mencari tahu apakah produk bank digital tersebut memiliki aplikasi yang user friendly atau sebaliknya.

    • Mempertimbangkan fitur dan layanan yang ditawarkan, apakah sesuai dengan kebutuhan.

    • Melakukan transaksi keuangan dan perbankan cukup mudah dipahami dan dilakukan.

    • Mencari tahu biaya-biaya apa saja yang dibebankan kepada nasabahnya.

    Sebagai salah satu bank syariah di Indonesia, Bank Mega Syariah menyediakan layanan m-banking melalui M-Syariah.

    Nasabah dapat membuka rekening secara online melalui aplikasi M-Syariah milik Bank Mega Syariah tanpa perlu datang ke kantor cabang dan bebas setoran awal.

    Setelah membuat rekening secara online, Bank Mega Syariah akan mengirimkan kartu ATM dan buku tabungan ke alamat yang nasabah inginkan.

    Fitur yang dimiliki pun lengkap, selain transfer dan transaksi online, pembayaran QRIS hingga layanan beramal secara online seperti donasi, zakat, infaq, sedekah, dan wakaf. Bahkan, Anda bisa daftar haji secara online.

    Yang terpenting, seluruh transaksi dijamin aman karena terdapat beberapa tahapan proses security yakni password, PIN, kode OTP, fingerprint dan face ID.

    Yuk, download M-Syariah dan nikmati kemudahannya!


    M-Syariah

    Bagikan Berita

  • Edukasi Menarik Lainnya
  • 10 Rekomendasi Makanan Enak di Turki yang Wajib Anda Coba!
  • Apa Itu IHSG? Kenali Definisi, Istilah dan Perannya Bagi Investor
  • Intermittent Fasting: Definisi, Manfaat, & Prosedur Penerapannya
  • Lihat Semua Artikel >>

    PT Bank Mega Syariah

    Kantor Pusat

    Menara Mega Syariah

    Jl. HR Rasuna Said Kav. 19A, Jakarta 12950

    Telp: (021) 2985 2000 (Hunting)

    Fax: (021) 2985 2100

    E-mail: corporate.affairs@megasyariah.co.id

    Layanan Nasabah

    Mega Syariah Call

    (021) 2985 2222

    customercare@megasyariah.co.id

    Ikuti Sosial Media Kami

    Terdaftar & Diawasi

    Bank Mega Syariah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

    *Maksimum nilai simpanan yang dijamin LPS per nasabah per bank adalah Rp 2 miliar

    Karir | Kebijakan Privasi | Pengaduan & Bantuan

    © PT Bank Mega Syariah