Jaringan Kami
M-Syariah
Contact Center
  • Produk

    Individu

    Bisnis

    Simpanan
    Pembiayaan
    Kartu Debit
    Kartu Pembiayaan
    Loyalty & Benefit
    Donasi dan Amal
    Simpanan
    Pembiayaan
  • Digital Banking
    M-Syariah
    Virtual Account
    Cash Management Services
    Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    Bancassurance
    Reksadana
  • Layanan
    BI-RTGS
    SKNBI
    BI FAST
    Bank Garansi
    Transfer Online
    LC & SKBDN
    Safe Deposit Box (SDB)
    Remittance
    ATM
  • Tentang Kami

    Profil Perusahaan

    Profil Manajemen

    Laporan Keuangan Perusahaan

    CSR

    Karir

    Sejarah Perusahaan
    Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    Struktur Organisasi
    Struktur Kepemilikan
    Struktur CT Corp
    Keunggulan BMS
    Penghargaan
    Dewan Komisaris
    Dewan Direksi
    Dewan Pengawas Syariah
    Pejabat Eksekutif
    Sekretaris Perusahaan

    Tata Kelola Perusahaan

    Pelaksanaan Tata Kelola
    Laporan Eksposur Risiko
    Laporan Pengaduan Nasabah
    WhistleBlowing System
    Laporan Tahunan
    Laporan Keberlanjutan
    Laporan Bulanan
    Laporan Triwulanan
    Laporan Keuangan Tahunan
    Laporan Keuangan Induk
    Laporan Tahunan Entitas Induk
    Kebijakan CSR
    Kegiatan CSR BMS
    Mega Syariah Berbagi
  • Artikel
    Berita
    Edukasi & Tips
  • Promosi
x
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Investasi di Deposito Berkah Digital, Dapatkan Extra Berkah dengan Total Benefit Hingga 6% p.a!
Donasi dan Amal
CMS
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Investasi di Deposito Berkah Digital, Dapatkan Extra Berkah dengan Total Benefit Hingga 6% p.a!
Donasi dan Amal
CMS
  • Produk
    • Individu
    • Simpanan
    • Pembiayaan
    • Kartu Debit
    • Kartu Pembiayaan
    • Loyalty & Benefit
    • Donasi dan Amal
    • Bisnis
    • Simpanan
    • Pembiayaan
  • Digital Banking
    • M-Syariah
    • Virtual Account
    • Cash Management System
    • Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    • Bancassurance
    • Reksadana
  • Layanan
    • BI-RTGS
    • SKNBI
    • BI FAST
    • Bank Garansi
    • Transfer Online
    • LC & SKBDN
    • Safe Deposit Box (SDB)
    • Remittance
    • ATM
  • Tentang Kami
    • Profil Perusahaan
    • Sejarah Perusahaan
    • Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    • Struktur Organisasi
    • Struktur Kepemilikan
    • Struktur CT Corp
    • Keunggulan BMS
    • Penghargaan
    • Profil Manajemen
    • Dewan Komisaris
    • Dewan Direksi
    • Dewan Pengawas Syariah
    • Pejabat Eksekutif
    • Sekretaris Perusahaan
    • Laporan Keuangan Perusahaan
    • Laporan Tahunan
    • Laporan Keberlanjutan
    • Laporan Bulanan
    • Laporan Triwulanan
    • Laporan Keuangan Tahunan
    • Laporan Keuangan Induk
    • Laporan Tahunan Entitas Induk
    • Tata Kelola Perusahaan
    • Pelaksanaan Tata Kelola
    • Laporan Eksposur Risiko
    • Laporan Pengaduan Nasabah
    • WhistleBlowing System

    • CSR
    • Kebijakan CSR
    • Kegiatan CSR BMS
    • Mega Syariah Berbagi

    • Karir
  • Artikel
    • Berita
    • Edukasi & Tips
  • Promosi
  1. Edukasi & Tips
  2. Simpanan
  • Edukasi Menarik Lainnya
  • Penerapan Strategi Subsidi Silang dan Implementasinya dalam Bisnis
  • Memahami Perhitungan Break Even Point, Manfaat, dan Rumusnya
  • 10 Rekomendasi Makanan Enak di Turki yang Wajib Anda Coba!
  • Lihat Semua Artikel >>
  • 9 Alasan Pentingnya Memisahkan Rekening Pribadi dan Bisnis

    28 November 2024 | Tim Bank Mega Syariah

    Apakah perlu memisahkan rekening pribadi dan bisnis? Untuk bisnis skala menengah ke atas mungkin cukup penting untuk kesehatan finansial bisnisnya. Namun sayangnya, hal sebaliknya justru terjadi pada bisnis skala menengah ke bawah.

    Seringkali urusan manajemen keuangan bisnis dikesampingkan dan lebih fokus pada pengembangan bisnis saja. Hal tersebut tak sepenuhnya keliru, akan tetapi rasanya jadi percuma saja bila Anda terus melakukan ekspansi bisnis tanpa memperbaiki pengelolaan bisnis.

    Dampak fatalnya tentu saja bisnis yang sedang dijalani seperti berjalan di tempat. Keuntungan yang didapatkan kurang jelas nilainya karena tercampur dengan keuangan pribadi.

    Pentingnya Memisahkan Rekening Pribadi dan Bisnis

    Kenapa penting memisahkan rekening pribadi dan bisnis? Berikut ini penjelasannya.

    1. Mengetahui Total Aset Bisnis sehingga Terhindar dari Kebangkrutan

    Pada saat memulai usaha, modal usaha merupakan hal mendasar yang wajib ada. Dengan modal tersebut, Anda bisa membeli bahan baku untuk produksi atau bahkan membeli peralatan dan aset usaha lainnya.

    Bila menggunakan rekening khusus untuk bisnis, akan memudahkan pencatatan dan pengelola keuangan bisnis. Anda jadi mengetahui pemasukan dan pengeluaran keuangan serta kondisi keuangan bisnis terkini.

    Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari kebangkrutan karena uang yang ada di dalam rekening benar-benar keuangan untuk bisnis.

    2. Mencatat Seluruh Transaksi Keuangan Bisnis Lebih Transparan

    Rekening bisnis diperuntukkan khusus untuk menerima dana dari konsumen yang membeli produk dan/atau jasa sekaligus menjadi sumber dana uang keluar untuk membeli keperluan bisnis. Dengan kata lain, seluruh transaksi bisnis hanya melalui satu pintu.

    3. Memudahkan Perhitungan Pajak Usaha

    Sebagai warga negara yang baik, Anda turut menunaikan kewajiban membayar pajak. Jika rekening bisnis dan pribadi dipisahkan, maka lebih mudah memperhitungkan pajak usaha.

    Kondisi yang terjadi akan berbeda bila Anda tidak memisahkan kedua rekening tersebut. Pasalnya dalam perhitungan penghasilan atau laba usaha nanti, bisa jadi ada sebagian dana pribadi yang masuk ke dalam perhitungan pajak.

    4. Melakukan Evaluasi Bisnis dengan Data yang Konkret

    Manfaat memisahkan rekening pribadi dan bisnis selanjutnya yakni memudahkan proses evaluasi kinerja bisnis berdasarkan data yang konkret.

    Kegiatan evaluasi yang dimaksud bukan hanya dari segi keuangan saja, melainkan bisa dari segala aspek, seperti aspek produksi, logistik ataupun marketing.

    Sebagai contoh saat Anda memutuskan beriklan di media sosial, transaksi pembayaran iklan online tersebut akan tercatat pada rekening bisnis. Di samping itu, pembelian melalui media sosial juga akan tercatat dalam rekening bisnis yang sama.

    Contoh lainnya ketika Anda memutuskan untuk bekerja sama dengan perusahaan logistik tertentu untuk mengantar barang kepada pelanggan. Anda bisa memperhitungkan dengan akurat biaya logistik ketika belum bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi dan setelah bekerja sama.

    5. Mengambil Keputusan dengan Tepat, Akurat dan Bijak

    Setelah pencatatan keuangan sudah terstruktur dan transparan serta laporan keuangan dan evaluasi berdasarkan data yang akurat. Maka keuntungan selanjutnya yakni Anda jadi lebih mudah mengambil keputusan yang tepat, akurat dan bijak untuk perkembangan bisnis.

    Berdasarkan contoh sebelumnya mengenai logistik bisnis. Setelah meninjau bahwa bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi atau logistik ternyata dapat menghemat biaya pengiriman, maka Anda dapat memutuskan untuk terus bekerja sama dengan perusahaan tersebut.

    Dalam manajemen bisnis, faktor fundamental untuk mengambil keputusan bisnis berdasarkan dengan angka. Jadi, ketepatan dan keakuratan data memiliki peran penting.

    6. Mengawasi dan Meninjau Kondisi Kesehatan Bisnis Lebih Mudah

    Sejalan dengan proses evaluasi bisnis yang lebih efektif dan transparan, maka proses pengawasan dan peninjauan kondisi kesehatan bisnis jadi lebih mudah.

    Sebagai owner, cukup krusial untuk terus mengetahui bagaimana kondisi kesehatan bisnis. Sedangkan bisnis yang sehat didasari pada manajemen keuangan yang baik. Misalnya mengetahui pemasukan dan pengeluaran bisnis setiap bulannya.

    7. Menyusun Perencanaan Keuangan Jadi Lebih Tepat dan Efektif

    Dari sudut pandang owner, saat seluruh proses pengelolaan keuangan telah baik maka akan lebih mudah menyusun perencanaan keuangan untuk periode selanjutnya.

    Jika Anda ingin melakukan inovasi pada periode selanjutnya, maka perhitungan keuangan dan bisnisnya sudah cukup akurat.

    8. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis dan Perusahaan

    Melihat kondisi perusahaan yang sehat dengan manajemen keuangan yang transparan dan terstruktur rapi, maka bukan tidak mungkin para investor akan mempercayakan dananya untuk Anda kelola dalam bisnis Anda.

    Bukan hanya mendatangkan investor saja, melainkan juga dapat mendatangkan mitra bisnis dari perusahaan terpercaya juga bisa terjadi. Investor atau mitra bisnis tersebut melihat kredibilitas bisnis dan perusahaan Anda telah matang dan layak diperhitungkan.

    9. Memudahkan Pengajuan Pembiayaan Bisnis

    Manfaat terakhir yang tak kalah pentingnya adalah pemisahan rekening bisnis dengan pribadi ini memuluskan jalan untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan bisnis dari perusahaan perbankan dan/atau lembaga jasa keuangan.

    Segera Miliki Rekening Simpanan Bisnis Syariah!

    Setelah mengetahui pentingnya memisahkan rekening pribadi dan bisnis, Anda semakin yakin untuk memisahkan kedua rekening.

    Namun jangan sampai menghilangkan keberkahan berdagang dan berbisnis karena memanfaatkan fasilitas bank yang mengandung unsur riba dan unsur-unsur lain yang diharamkan.

    Bank Mega Syariah menawarkan berbagai fasilitas simpanan bisnis untuk membantu para pengusaha dalam mengelola finansial bisnisnya. Berikut ini keunggulan dari masing-masing fasilitas simpanan bisnis syariah, di antaranya:

    • Tabungan Berkah Bisnis iB: Membantu pembayaran tagihan bisnis bulanan seperti listrik, PDAM dan transaksi rutin dengan mitra bisnis

    • Tabungan Berkah Payroll iB: Membantu owner untuk membayarkan gaji karyawannya tepat waktu

    • Tabungan Investasya iB: Memberikan fasilitas Cash Management Service atau pelayanan keuangan menyeluruh mulai dari bayar tagihan, bayar gaji karyawan, hingga bayar pajak

    Untuk informasi selengkapnya silakan hubungi Mega Syariah Call (021) 2985 2222 atau mengunjungi website resmi Bank Mega Syariah.

    Mari jaga kesehatan bisnis dengan memastikan manajemen keuangan yang tepat!

    Simpanan Bisnis

    Bagikan Berita

  • Edukasi Menarik Lainnya
  • Penerapan Strategi Subsidi Silang dan Implementasinya dalam Bisnis
  • Memahami Perhitungan Break Even Point, Manfaat, dan Rumusnya
  • 10 Rekomendasi Makanan Enak di Turki yang Wajib Anda Coba!
  • Lihat Semua Artikel >>

    PT Bank Mega Syariah

    Kantor Pusat

    Menara Mega Syariah

    Jl. HR Rasuna Said Kav. 19A, Jakarta 12950

    Telp: (021) 2985 2000 (Hunting)

    Fax: (021) 2985 2100

    E-mail: corporate.affairs@megasyariah.co.id

    Layanan Nasabah

    Mega Syariah Call

    (021) 2985 2222

    customercare@megasyariah.co.id

    Ikuti Sosial Media Kami

    Terdaftar & Diawasi

    Bank Mega Syariah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

    *Maksimum nilai simpanan yang dijamin LPS per nasabah per bank adalah Rp 2 miliar

    Karir | Kebijakan Privasi | Pengaduan & Bantuan

    © PT Bank Mega Syariah