Pentingkah Rekening Perusahaan? Ini 8 Manfaat dan Cara Membuatnya
4 Desember 2024 | Tim Bank Mega Syariah
Rekening perusahaan adalah produk perbankan khusus untuk nasabah perusahaan, organisasi dan/atau lembaga berbadan hukum untuk memudahkan kegiatan transaksi keuangan.
Perusahaan skala kecil pun membutuhkan rekening bisnis khusus agar pengelolaan keuangannya tidak tercampur dengan keuangan pribadi. Sebab bila keuangan bisnis dan pribadi tercampur, maka sulit untuk mengetahui berapa keuntungan usaha Anda.
Cukup banyak contoh kasus di mana pemilik bisnis tidak merasa penting untuk memisahkan rekening bisnis, justru berdampak usahanya gulung tikar. Jangan sampai hal tersebut terjadi pada bisnis Anda, ini manfaat dan cara membuat rekening perusahaan.
Pengertian Rekening Perusahaan
Rekening perusahaan adalah rekening khusus untuk nasabah pemilik usaha atau atas nama perusahaannya langsung.
Meski pemilik usahanya dapat mengajukan pembuatan rekening perusahaan, namun proses pengajuannya berbeda dengan rekening perorangan pada umumnya.
Hal tersebut karena rekening perusahaan memiliki prosedur dan karakteristik khusus. Adapun karakteristik rekening perusahaan, di antaranya sebagai berikut:
Nasabah merupakan pelaku usaha atau perusahaan
Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bisnis
Dana di dalam rekening perusahaan hanya bisa dicairkan dengan cek atau bilyet giro
Rekening bersifat likuid sebab arus keluar masuk transaksi dan dana keuangan perusahaan cenderung cepat
Mekanisme dan sistem administrasi lebih kompleks daripada nasabah perorangan
Fitur dan fasilitas perbankan khusus untuk mempermudah transaksi keuangan bisnis
Pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah
Batas maksimum pencairan dana lebih besar daripada nasabah perorangan
Suku bunga lebih besar daripada nasabah perorangan
Manfaat Memiliki Rekening Perusahaan untuk Usaha
Adapun manfaat membuat rekening perusahaan untuk bisnis di antaranya sebagai berikut.
Memisahkan Uang Pribadi dan Uang Usaha
Manfaat yang pertama yakni memisahkan uang pribadi dan uang usaha. Kebanyakan usaha kecil atau pengusaha pemula tidak terlalu aware untuk memisahkan rekening dan pengelolaan keuangan pribadi dan bisnis.
Uang pribadi digunakan sebagai modal usaha, sedangkan keuntungan usaha digunakan untuk keperluan pribadi. Kondisi seperti ini yang membuat kesehatan bisnis terganggu sehingga sering kali kurang modal yang berakhir gulung tikar.
Dokumen Pelengkap untuk Pelaporan Pajak
Salah satu dokumen pelengkap yang perlu Anda lampirkan sebagai pemilik usaha ketika lapor pajak yakni rekening koran perusahaan. Melalui rekening koran tersebut, tim pajak akan mengetahui berapa besaran pajak berdasarkan data dari rekening koran tersebut.
Membantu Proses Pembentukan Otomatisasi Pembukuan Akuntansi
Menggunakan rekening bisnis untuk perusahaan memudahkan Anda dalam mengotomatisasi pembukuan finansial menggunakan sistem terdigitalisasi.
Setiap arus kas keuangan akan tercatat rapi dan detail dalam sistem. Mulai dari pendapatan bisnis, pembayaran tagihan bisnis bulanan, biaya marketing, biaya operasional bisnis hingga gaji karyawan melalui satu pintu yang sama.
Sistem pembukuan digital ini akan mencatat seluruh transaksi arus kas keuangan dari satu rekening yang sama. Dengan begitu, pembukuan akuntansi digital akan terealisasi dan semakin mempermudah fungsi audit dan evaluasi keuangan bisnis.
Mempermudah Proses Audit Sebab Transaksi Mudah Terlacak
Pembuatan laporan keuangan, evaluasi bisnis serta proses audit keuangan perusahaan lebih mudah dilakukan. Penyebabnya karena waktu yang dibutuhkan untuk melacak setiap transaksi arus kas keuangan lebih cepat.
Owner Lebih Mudah Mengawasi dan Mengontrol Arus Kas Keuangan
Sejalan dengan manfaat audit keuangan di atas, pemilik bisnis atau owner pun jadi lebih mudah mengawasi dan mengontrol pendapatan dan pengeluaran bisnis berdasarkan data keuangan yang akurat.
Jaminan Kredibilitas dan Profesionalitas Usaha
Memiliki rekening bisnis untuk perusahaan sendiri menjadi bukti keseriusan Anda dalam mengembangkan bisnis saat ini. Para investor atau rekan bisnis melihatnya sebagai bentuk kredibilitas dan profesionalitas usaha yang bisa dipercaya.
Sebab untuk memiliki rekening perusahaan sendiri, owner harus memiliki dokumen legalitas bisnis seperti akta pendirian perusahaan. Karenanya, para investor dan rekan bisnis dapat mempercayai keseriusan Anda dalam mengembangkan bisnis agar tumbuh pesat.
Memproteksi Identitas Perusahaan dalam Perlindungan dan Jaminan Hukum
Dalam operasional bisnis dan regulasi keuangan perusahaan, cukup banyak risiko-risiko yang akan dihadapi pemilik bisnis. Misalnya saja kasus penipuan dengan berbagai modus.
Bila Anda telah mendaftarkan bisnis, maka perusahaan Anda akan terlindungi dari segi hukum. Ada jaminan hukum bila Anda menjadi korban modus penipuan.
Di samping itu, dengan terjaminnya legalitas bisnis, memudahkan Anda mendapatkan suntikan modal dari para investor. Hal tersebut lantaran para investor merasa percaya akan bisnis Anda karena telah memiliki izin operasional resmi di mata hukum.
Proses Pengajuan Pembiayaan Bisnis Lebih Mudah & Cepat
Jika sulit menemukan investor untuk menyuntikan modal kerja, Anda bisa memanfaatkan berbagai produk pembiayaan bisnis.
Salah satu persyaratan untuk mengajukan pembiayaan modal kerja dari perusahaan perbankan biasanya dokumen legalitas bisnis dan rekening perusahaan.
Misalnya saja produk Pembiayaan Modal Kerja Syariah sebagai modal kerja bisnis untuk membeli persediaan bahan baku usaha. Selain penerapan prinsip syariah, produk pembiayaan bisnis ini memiliki sistem pembayaran angsuran yang bersifat fleksibel tergantung kemampuan nasabahnya.
Cara dan Persyaratan Membuat Rekening Perusahaan
Umumnya nasabah perusahaan harus melampirkan dokumen legalitas perusahaan seperti NPWP perusahaan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau Tanda Daftar Perusahaan. Selain itu, Anda juga diwajibkan melampirkan data diri pemilik usaha.
Berikut ini persyaratan mengajukan permohonan rekening perusahaan melalui Tabungan Berkah Bisnis di Bank Mega Syariah, antara lain:
Melampirkan kartu identitas (KTP) dan NPWP pemilik usaha
Melampirkan dokumen legalitas usaha seperti akta pendirian usaha terakhir, NPWP, SIUP/TDP, dan domisili perusahaan
Mengisi formulir pembukaan rekening dengan data yang benar
Kenapa harus membuka rekening perusahaan berbasis syariah? Sebab melalui bank syariah, seluruh transaksi keuangan Anda hanya bisa dilakukan untuk membiayai transaksi yang tidak mengandung unsur riba, gharar, maysir atau unsur-unsur yang diharamkan lainnya.
Prinsip menabungnya menggunakan akad Mudharabah Mutlaqah dengan penawaran nisbah bagi hasil yang kompetitif sesuai profit distribution bank.
Di sisi lain, Anda akan menikmati berbagai diskon dan promo dari merchant-merchant yang bekerja sama dengan Bank Mega Syariah. Untuk informasi selengkapnya silakan hubungi Mega Syariah Call (021) 2985 2222 atau di melalui website resmi Bank Mega Syariah.
Semoga informasi ini bermanfaat!