14 Mei 2024 | Tim Bank Mega Syariah
Pengisian listrik prabayar cukup mudah, pelanggan cukup menginput token ke mesin meteran listrik. Tapi, kenapa pengisian token listrik gagal masih sering terjadi?
Salah satu penyebab yang paling umum karena ada kesalahan input token listrik. Bila hal ini yang terjadi, maka cara mengatasinya cukup mudah Anda hanya perlu lebih teliti saat menginput kode token.
Namun, bagaimana bila penyebabnya karena hal lain seperti gangguan server dan mesin meteran prabayar (MPB) mengalami gangguan. Pada artikel kali ini akan membahas penyebab token listrik gagal isi dan solusinya.
Saat listrik sudah benar-benar habis tapi token listrik gagal mengisi daya listrik bikin khawatir dan pusing. Kenapa pengisian bisa gagal? Berikut ini penyebab-penyebab yang membuat token listrik gagal diisi.
Token listrik merupakan kode yang terdiri dari 20 digit angka yang akan diinput ke alat mesin meteran listrik.
Saat pengisian token listrik gagal, bisa jadi penyebabnya Anda salah dalam menginput kode token tersebut. Pastikan Anda menginput kode token tersebut sesuai urutannya.
Kesalahan lainnya yang menyebabkan token listrik gagal terisi karena pelanggan salah menyebutkan ID Pelanggan atau nomor meteran saat membeli pulsa listrik.
Berarti bukan hanya kode token listrik saja yang perlu diperhatikan saat membeli pulsa listrik melainkan juga ID Pelanggan atau nomor meteran juga perlu diperhatikan.
Setiap mesin MPB memiliki batas maksimal kWh bulanannya. Saat pengisian token gagal padahal nomor token listrik sudah diperiksa berulang kali dan benar, bisa jadi mesin MPB Anda telah melewati batas maksimum kWh bulanan.
Sama halnya dengan batas maksimum, saat batas minimum mesin meteran listrik tidak tercapai maka daya listrik tidak akan bekerja. Batasan terendah kWh pada mesin meteran merupakan batasan mesin MPB bisa berfungsi.
Saat pelanggan sudah menggunakan listrik melebihi batas minimumnya, maka mesin MPB bisa dinonaktifkan secara otomatis.
Alhasil sekalipun Anda membeli pulsa listrik dan mendapatkan token, kode token listrik tersebut akan gagal menambah daya listrik.
Penyebab lainnya karena ada kerusakan atau kesalahan saat melakukan instalasi mesin meteran listrik. Misalnya tombol kWh macet atau persoalan lain seperti kebocoran arus listrik.
Apabila terjadi permasalahan pada mesin MPB, pada layar meteran listrik akan tertulis pesan Blocked, Cancel, atau Periksa.
Kemungkinan penyebab yang terakhir karena server PLN sedang mengalami gangguan atau sedang dalam fase perbaikan server.
Saat server PLN dalam keadaan gangguan atau dalam masa perbaikan, pelanggan listrik prabayar tidak bisa melakukan isi ulang daya listrik.
Jika Anda mengalami kegagalan isi ulang daya listrik, maka berikut ini cara mengatasi persoalan tersebut.
Langkah dasar mengatasi persoalan ini dengan menginput ulang kode token listrik ke mesin MPB.
Apabila masih salah, periksa lebih teliti dan cermat kode token listriknya. Apakah ada kesalahan input dan tulis. Saat menginput ke mesin meteran listrik, pelanggan juga perlu menginputkan sesuai urutan yang benar.
Namun bila masih salah, maka perhatikan ID Pelanggan atau nomor meteran saat beli pulsa listrik.
Ternyata penting untuk mengetahui batas maksimum limit kWh mesin meteran listrik Anda. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kegagalan mengisi daya listrik saat telah melampaui batas maksimum.
Cara mengetahui batas maksimum kWh bulanan ini dengan bertanya langsung ke petugas PLN.
Cukup sulit memastikan apakah kondisi instalasi listrik MPB terpasang dalam kondisi benar atau tidak. Akan tetapi, cara paling gampangnya dengan melihat apakah ada pesan Canceled dan Blocked di layar mesin meteran.
Saat pesan tersebut ada di layar mesin MPB Anda, segera hubungi petugas PLN untuk mendapatkan perbaikan.
Jika seluruh cara mengatasi di atas tidak ada yang ampuh untuk memperbaiki mesin meteran listrik, maka alternatif cara selanjutnya dengan melakukan reset terhadap mesin MPB.
Caranya cukup mudah, yaitu:
Menekan tombol yang bertuliskan angka 00 lalu tekan tombol “Enter”
Menunggu beberapa saat sampai proses reset selesai
Kemudian input kembali kode token dengan benar sesuai urutannya
Lalu tekan tombol “Enter”
Menunggu beberapa saat sampai pengisian token listrik berhasil dan daya listrik bertambah
Apabila persoalannya karena ada gangguan pada server PLN, sebaik menunggu hingga server PLN pulih kembali. Setelah itu Anda baru bisa menginput ulang kode token listrik tersebut.
Langkah terakhir yang paling ampuh yakni dengan menghubungi layanan pelanggan PLN melalui panggilan telepon PLN 123, aplikasi PLN Mobile, atau melalui media sosial PLN.
Itulah penyebab sekaligus cara mengatasi persoalan token listrik gagal mengisi ulang daya listrik. Kini, Anda tak perlu panik lagi saat token listrik tak bisa mengisi ulang daya listrik.
Cara mengatasi persoalan listrik sulit bertambah untuk jenis listrik prabayar cukup lengkap dan mudah untuk diikuti.
Sementara itu, bila Anda kehabisan listrik di tengah malam saat Anda sulit menjangkau merchant yang menjual pulsa listrik. Pelanggan bisa membeli pulsa listrik melalui aplikasi mobile banking M-Syariah.
Pelanggan listrik pasca bayar juga bisa membayar tagihan listrik bulanan melalui aplikasi M-Syariah.
Jangan sampai telat membayar tagihan bulanan biar terbebas dari biaya dan denda penalti, ya!
Semoga informasi ini bermanfaat, ya!
Bagikan Berita