Jaringan Kami
M-Syariah
Contact Center
  • Produk

    Individu

    Bisnis

    Simpanan
    Pembiayaan
    Kartu Debit
    Kartu Pembiayaan
    Loyalty & Benefit
    Donasi dan Amal
    Simpanan
    Pembiayaan
  • Digital Banking
    M-Syariah
    Virtual Account
    Cash Management Services
    Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    Bancassurance
    Reksadana
  • Layanan
    BI-RTGS
    SKNBI
    BI FAST
    Bank Garansi
    Transfer Online
    LC & SKBDN
    Safe Deposit Box (SDB)
    Remittance
    ATM
  • Tentang Kami

    Profil Perusahaan

    Profil Manajemen

    Laporan Keuangan Perusahaan

    CSR

    Karir

    Sejarah Perusahaan
    Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    Struktur Organisasi
    Struktur Kepemilikan
    Struktur CT Corp
    Keunggulan BMS
    Penghargaan
    Dewan Komisaris
    Dewan Direksi
    Dewan Pengawas Syariah
    Pejabat Eksekutif
    Sekretaris Perusahaan

    Tata Kelola Perusahaan

    Pelaksanaan Tata Kelola
    Laporan Eksposur Risiko
    Laporan Pengaduan Nasabah
    WhistleBlowing System
    Laporan Tahunan
    Laporan Keberlanjutan
    Laporan Bulanan
    Laporan Triwulanan
    Laporan Keuangan Tahunan
    Laporan Keuangan Induk
    Laporan Tahunan Entitas Induk
    Kebijakan CSR
    Kegiatan CSR BMS
    Mega Syariah Berbagi
  • Artikel
    Berita
    Edukasi & Tips
  • Promosi
x
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Investasi di Deposito Berkah Digital, Dapatkan Extra Berkah dengan Total Benefit Hingga 6% p.a!
Donasi dan Amal
CMS
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Investasi di Deposito Berkah Digital, Dapatkan Extra Berkah dengan Total Benefit Hingga 6% p.a!
Donasi dan Amal
CMS
  • Produk
    • Individu
    • Simpanan
    • Pembiayaan
    • Kartu Debit
    • Kartu Pembiayaan
    • Loyalty & Benefit
    • Donasi dan Amal
    • Bisnis
    • Simpanan
    • Pembiayaan
  • Digital Banking
    • M-Syariah
    • Virtual Account
    • Cash Management System
    • Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    • Bancassurance
    • Reksadana
  • Layanan
    • BI-RTGS
    • SKNBI
    • BI FAST
    • Bank Garansi
    • Transfer Online
    • LC & SKBDN
    • Safe Deposit Box (SDB)
    • Remittance
    • ATM
  • Tentang Kami
    • Profil Perusahaan
    • Sejarah Perusahaan
    • Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    • Struktur Organisasi
    • Struktur Kepemilikan
    • Struktur CT Corp
    • Keunggulan BMS
    • Penghargaan
    • Profil Manajemen
    • Dewan Komisaris
    • Dewan Direksi
    • Dewan Pengawas Syariah
    • Pejabat Eksekutif
    • Sekretaris Perusahaan
    • Laporan Keuangan Perusahaan
    • Laporan Tahunan
    • Laporan Keberlanjutan
    • Laporan Bulanan
    • Laporan Triwulanan
    • Laporan Keuangan Tahunan
    • Laporan Keuangan Induk
    • Laporan Tahunan Entitas Induk
    • Tata Kelola Perusahaan
    • Pelaksanaan Tata Kelola
    • Laporan Eksposur Risiko
    • Laporan Pengaduan Nasabah
    • WhistleBlowing System

    • CSR
    • Kebijakan CSR
    • Kegiatan CSR BMS
    • Mega Syariah Berbagi

    • Karir
  • Artikel
    • Berita
    • Edukasi & Tips
  • Promosi
  1. Edukasi & Tips
  2. Digital Banking
  • Edukasi Menarik Lainnya
  • 10 Rekomendasi Makanan Enak di Turki yang Wajib Anda Coba!
  • Apa Itu IHSG? Kenali Definisi, Istilah dan Perannya Bagi Investor
  • Intermittent Fasting: Definisi, Manfaat, & Prosedur Penerapannya
  • Lihat Semua Artikel >>
  • Digital Banking: Kenali Jenis Layanan dan Berbagai Manfaatnya

    31 Mei 2023 | Tim Bank Mega Syariah

    Kehadiran digital banking kini semakin berkembang pesat saat ini. Hal ini karena munculnya perbankan digital membuat nasabah, baik individu maupun perusahaan, menjadi lebih mudah dan nyaman dalam melakukan berbagai transaksi keuangan.

    Bahkan, kini Anda bisa dengan mudah membuka produk perbankan tanpa harus datang ke kantor cabang.

    Tak heran, kini semakin banyak bank-bank yang beralih atau menyediakan layanan digital banking. Misalnya, Bank Mega Syariah menghadirkan M-Syariah yang membuat nasabah lebih mudah dalam melakukan transaksi hanya dalam satu aplikasi saja.

    Lalu, sebenarnya apa itu digital banking?

    Nah, artikel ini akan mengulas secara mendalam tentang apa itu digital banking, layanan yang disediakan, dan manfaatnya bagi nasabah.

    Apa Itu Digital Banking?

    Digital banking mengacu pada penyediaan layanan perbankan melalui kanal digital atau online menggunakan aplikasi seluler, situs web, dan platform online lainnya.

    Dalam istilah sederhana, pengertian digital banking adalah bentuk perbankan yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksi keuangan, mengakses informasi rekening, dan mengelola keuangan melalui ponsel pintar, tablet, maupun desktop.

    Nasabah dapat melakukan berbagai berbagai aktivitas finansial, mulai dari membuka rekening hingga melakukan pembayaran secara digital, di mana pun dan kapan pun. Alhasil, kebutuhan untuk melakukan kunjungan fisik ke bank atau melalui mesin ATM dapat diminimalisir.

    Di Indonesia, perbankan digital sudah memiliki regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang tertuang dalam POJK No. 12/POJK.03/2018 tentang Penyelenggaraan Layanan Perbankan Digital oleh Bank Umum.

    Menurut peraturan tersebut, layanan perbankan digital adalah layanan perbankan elektronik yang dikembangkan dengan mengoptimalkan pemanfaatan data nasabah dalam rangka melayani nasabah secara lebih cepat, mudah, dan sesuai dengan kebutuhan (customer experience), serta dapat dilakukan secara mandiri sepenuhnya oleh nasabah, dengan memperhatikan aspek pengamanan.

    Jadi, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya bank digital memiliki fungsi layaknya bank umum, baik bank konvensional maupun bank syariah.

    Tetapi, hal yang membedakannya adalah digital banking menjadi bagian dari layanan atau fasilitas tambahan pada bank umum dengan konsep digitalisasi dengan adanya aplikasi mobile yang mengakomodir sebagian atau seluruh layanannya.

    Layanan Digital Banking

    Perbankan digital menyediakan sejumlah layanan bagi nasabah maupun nasabah bank untuk melakukan berbagai transaksi perbankan maupun nonperbankan menggunakan aplikasi. Contoh layanan digital banking adalah mobile banking dan internet banking.

    Adapun sejumlah layanan yang biasanya disediakan perbankan banking diantaranya sebagai berikut:

    Pembukaan Rekening Online

    Dengan perbankan digital, Anda kini dapat membuka rekening baru secara online tanpa perlu mengunjungi kantor cabang fisik.

    Cara melakukan pembukaan rekeningnya pun mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi, mengisi formulir aplikasi, mengunggah dokumen identifikasi, dan melakukan verifikasi secara elektronik.

    Mengakses Informasi Rekening

    Melalui aplikasi perbankan digital, nasabah dapat melihat saldo rekening, melacak riwayat transaksi, mendapatkan laporan mutasi rekening.

    Selain itu, Anda juga dapat memantau aktivitas keuangan dan transaksi yang sedang dilakukan secara real-time. Otorisasi transaksi yang dilakukan pada perbankan digital berbasis self service tanpa melalui teller atau customer service yang umumnya ada di kantor cabang.

    Melakukan Transaksi Keuangan

    Kemudian, Anda juga melakukan berbagai jenis transaksi dengan mudah melalui aplikasi perbankan digital, diantaranya:

    • Transfer dana, ke sesama bank maupun antar bank.
    • Pembayaran tagihan, seperti listrik, telepon pascabayar, air, asuransi, hingga kartu kredit.
    • Pembelian, seperti paket data, pulsa, dan top up e-wallet.
    • Fitur lain seperti tarik tunai tanpa kartu, QRIS, dan lain-lain.

    Layanan Lainnya

    Digital banking juga menyediakan Informasi lain dan transaksi untuk menikmati produk perbankan pada umumnya, sesuai kebutuhan dari nasabah bank.

    Misalnya pembukaan deposito online, pengajuan pinjaman atau pembiayaan, pembelian asuransi, investasi, dan sebagainya.

    Kelebihan dan Manfaat Digital Banking

    Selain kemudahan dan kepraktisan perbankan digital, ada manfaat dan kelebihan lain dari digital banking yang dapat Anda rasakan, antara lain:

    • Seluruh layanan perbankan digital dapat diakses kapan pun serta dimana pun selama 24 jam selama terhubung dengan jaringan internet.
    • Transaksi dan otorisasinya lebih mudah dan praktis.
    • Biaya transaksi, administrasi, maupun saldo minimum yang dibebankan umumnya lebih terjangkau.
    • Nasabah tidak perlu antri di kantor cabang bank sehingga lebih efisien dan hemat dari sisi biaya.
    • Menerapkan keamanan yang terproteksi seperti enkripsi, otentikasi multi-faktor, dan biometrik untuk melindungi informasi nasabah. Protokol keamanan yang kuat ini memberikan keamanan dan melindungi data sensitif nasabah dari akses yang tidak sah.
    • Bank dapat langsung memberikan pemberitahuan kepada nasabah terkait transaksi yang dilakukan maupun promosi dan informasi lain terkait produk. Mengingat semua data tercatat secara digital pada sistem.

      M-Syariah, Inovasi Perbankan Digital dari Bank Mega Syariah

      Sebagai salah satu bank syariah yang terus mengedapankan inovasi, Bank Mega Syariah memiliki layanan perbankan dalam bentuk digital banking, yaitu M-Syariah.

      M-Syariah adalah aplikasi mobile banking yang disediakan untuk bertransaksi dengan menikmati berbagai fitur yang disediakan.

      Mulai dari pembukaan rekening secara online, pengecekan saldo dan mutasi, hingga melakukan pembayaran maupun pembelian.

      Selain fitur perbankan, Anda dapat melakukan transaksi Donasi dan Amal seperti zakat, infaq, shodaqoh, wakaf, hingga donasi. Fitur M-Syariah semakin lengkap dengan fitur Berkah Islami yang memberikan informasi masjid terdekat, arah kiblat, hingga berita dan artikel Islami.

      Keamanan akun M-Syariah semakin terjaga karena dilengkapi password, PIN, dan kode OTP. Selain itu, tersedia juga keamanan Biometrik melalui sidik jari (fingerprint) dan deteksi wajah (face ID) yang menjadikan transaksi semakin aman dan nyaman.

      Yuk, download M-Syariah di Google Play dani App Store dan nikmati berbagai kemudahan transaksi perbankan dan nonperbankan dalam satu genggaman.

      Nah itulah informasi mengenai digital banking yang dapat disampaikan. Walaupun menawarkan segala kemudahan dan kepraktisan, tetapi Anda tetap harus waspada dari pihak tidak bertanggung jawab yang melakukan pembobolan data.

      Pastikan Anda selalu menjaga data pribadi dengan baik, ya! Semoga informasi ini bermanfaat.


      M-Syariah

      Bagikan Berita

    • Edukasi Menarik Lainnya
    • 10 Rekomendasi Makanan Enak di Turki yang Wajib Anda Coba!
    • Apa Itu IHSG? Kenali Definisi, Istilah dan Perannya Bagi Investor
    • Intermittent Fasting: Definisi, Manfaat, & Prosedur Penerapannya
    • Lihat Semua Artikel >>

      PT Bank Mega Syariah

      Kantor Pusat

      Menara Mega Syariah

      Jl. HR Rasuna Said Kav. 19A, Jakarta 12950

      Telp: (021) 2985 2000 (Hunting)

      Fax: (021) 2985 2100

      E-mail: corporate.affairs@megasyariah.co.id

      Layanan Nasabah

      Mega Syariah Call

      (021) 2985 2222

      customercare@megasyariah.co.id

      Ikuti Sosial Media Kami

      Terdaftar & Diawasi

      Bank Mega Syariah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

      *Maksimum nilai simpanan yang dijamin LPS per nasabah per bank adalah Rp 2 miliar

      Karir | Kebijakan Privasi | Pengaduan & Bantuan

      © PT Bank Mega Syariah