Jaringan Kami
M-Syariah
Contact Center
  • Produk

    Individu

    Bisnis

    Simpanan
    Pembiayaan
    Kartu Debit
    Kartu Pembiayaan
    Loyalty & Benefit
    Donasi dan Amal
    Simpanan
    Pembiayaan
  • Digital Banking
    M-Syariah
    Virtual Account
    Cash Management Services
    Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    Bancassurance
    Reksadana
  • Layanan
    BI-RTGS
    SKNBI
    BI FAST
    Bank Garansi
    Transfer Online
    LC & SKBDN
    Safe Deposit Box (SDB)
    Remittance
    ATM
  • Tentang Kami

    Profil Perusahaan

    Profil Manajemen

    Laporan Keuangan Perusahaan

    CSR

    Karir

    Sejarah Perusahaan
    Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    Struktur Organisasi
    Struktur Kepemilikan
    Struktur CT Corp
    Keunggulan BMS
    Penghargaan
    Dewan Komisaris
    Dewan Direksi
    Dewan Pengawas Syariah
    Pejabat Eksekutif
    Sekretaris Perusahaan

    Tata Kelola Perusahaan

    Pelaksanaan Tata Kelola
    Laporan Eksposur Risiko
    Laporan Pengaduan Nasabah
    WhistleBlowing System
    Laporan Tahunan
    Laporan Keberlanjutan
    Laporan Bulanan
    Laporan Triwulanan
    Laporan Keuangan Tahunan
    Laporan Keuangan Induk
    Laporan Tahunan Entitas Induk
    Kebijakan CSR
    Kegiatan CSR BMS
    Mega Syariah Berbagi
  • Artikel
    Berita
    Edukasi & Tips
  • Promosi
x
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Donasi dan Amal
CMS
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Donasi dan Amal
CMS
  • Produk
    • Individu
    • Simpanan
    • Pembiayaan
    • Kartu Debit
    • Kartu Pembiayaan
    • Loyalty & Benefit
    • Donasi dan Amal
    • Bisnis
    • Simpanan
    • Pembiayaan
  • Digital Banking
    • M-Syariah
    • Virtual Account
    • Cash Management System
    • Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    • Bancassurance
    • Reksadana
  • Layanan
    • BI-RTGS
    • SKNBI
    • BI FAST
    • Bank Garansi
    • Transfer Online
    • LC & SKBDN
    • Safe Deposit Box (SDB)
    • Remittance
    • ATM
  • Tentang Kami
    • Profil Perusahaan
    • Sejarah Perusahaan
    • Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    • Struktur Organisasi
    • Struktur Kepemilikan
    • Struktur CT Corp
    • Keunggulan BMS
    • Penghargaan
    • Profil Manajemen
    • Dewan Komisaris
    • Dewan Direksi
    • Dewan Pengawas Syariah
    • Pejabat Eksekutif
    • Sekretaris Perusahaan
    • Laporan Keuangan Perusahaan
    • Laporan Tahunan
    • Laporan Keberlanjutan
    • Laporan Bulanan
    • Laporan Triwulanan
    • Laporan Keuangan Tahunan
    • Laporan Keuangan Induk
    • Laporan Tahunan Entitas Induk
    • Tata Kelola Perusahaan
    • Pelaksanaan Tata Kelola
    • Laporan Eksposur Risiko
    • Laporan Pengaduan Nasabah
    • WhistleBlowing System

    • CSR
    • Kebijakan CSR
    • Kegiatan CSR BMS
    • Mega Syariah Berbagi

    • Karir
  • Artikel
    • Berita
    • Edukasi & Tips
  • Promosi
  1. Berita
  2. Siaran Pers
  • Berita Menarik Lainnya
  • Pengumuman Pemenang Tahap 2 Program Poin Haji Berkah Mega Syariah
  • Bank Mega Syariah Raih Penghargaan Indonesia Best Financial Awards 2025
  • Pengumuman Klasemen Sementara Balapan QRIS
  • Lihat Semua Berita >>
  • Ekonomi Kian Menantang, Bank Mega Syariah Dorong Masyarakat Giat Menabung

    3 Juli 2025 | Tim Bank Mega Syariah


    Jakarta - Rencana dan intensitas menabung masyarakat menunjukkan tren pelemahan. Hal ini tercermin dari hasil Survei Konsumen dan Perekonomian (SKP) yang dirilis oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dimana Indeks Menabung Konsumen (IMK) pada Mei 2025 tercatat di level 79 turun 4,4 poin dari bulan sebelumnya.

    Digital Business & Product Management Division Head, Benadicto Alvonzo Ferary mengatakan penurunan indeks ini menggambarkan kemungkinan preferensi masyarakat dalam mengalokasikan dana cenderung lebih konsumtif terutama di kondisi ekonomi yang semakin menantang. Situasi sekarang ini menjadi momentum bagi perbankan untuk lebih responsif terhadap perubahan perilaku nasabah.

    “Berkurangnya minat masyarakat untuk menabung menjadi tantangan bagi perbankan, khususnya dalam memperoleh dana murah. Apalagi, di tengah tren suku bunga rendah seperti sekarang ini tentunya berdampak pada turunnya daya tarik instrumen simpanan,” jelas Ben.

    Menanggapi tren tersebut, Bank Mega Syariah memperkuat basis nasabah ritel dengan menawarkan solusi tabungan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah saat ini. Bank juga mendorong peningkatan dana pihak ketiga (DPK) melalui diversifikasi produk dan layanan digital.

    Sebagai upaya mendorong masyarakat agar lebih tertarik dalam merencanakan keuangan, Bank Mega Syariah menawarkan program tabungan Mesya Berkah dengan beragam hadiah dan reward menarik dimana nasabah bebas dalam menentukan jenis hadiah sesuai preferensi. Khusus rekening tabungan transaksional, tersedia pula program tabungan dengan manfaat bebas biaya transaksi. Sementara itu bagi nasabah yang ingin mempersiapkan perencanaan keuangan masa depan, Bank Mega Syariah juga menyediakan program tabungan Mesya Berkah Rencana Sesukanya dengan imbal hasil yang kompetitif hingga setara deposito.

    “Kami memahami bahwa perencanaan keuangan saat ini bukan hanya tentang menyimpan uang, tetapi juga soal kemudahan akses, transparansi, dan manfaat jangka panjang. Oleh karena itu, kami terus mendorong nasabah untuk tetap memiliki rencana keuangan melalui instrumen tabungan dan investasi yang fleksibel, aman dan terpercaya,” jelas Ben.

    Disamping itu, untuk memenuhi kebutuhan layanan perbankan di era digital seperti sekarang ini, Bank Mega Syariah juga menyediakan produk Tabungan Berkah Digital IB (Digiberkah). Tabungan ini dapat dibuka secara mudah melalui aplikasi M-Syariah. Berbagai manfaat menarik dari Tabungan Digiberkah ini, yaitu setoran awal yang ringan, mendapatkan bagi hasil, kesempatan untuk mendapatkan gratis biaya transfer dan tarik tunai, serta beragam promo transaksi lainnya di merchant-merchant terpilih yang seluruhnya dapat diakses dengan bertransaksi melalui aplikasi M-Syariah. Per Mei 2025, total volume tabungan Digiberkah mencapai Rp 12,4 Miliar, tumbuh sebesar 267% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

    Bank Mega Syariah juga mendorong minat masyarakat menabung haji sejak dini melalui kampanye GenHajj – Haji Mudah untuk Semua Generasi. Dengan membuka tabungan haji dan umrah melalui M-Syariah, nasabah berkesempatan untuk mengikuti Program Haji Berkah dengan Grand Prize Voucher haji khusus dan berbagai hadiah menarik lainnya seperti Voucher Travel Umroh, Motor, dan Smartphone.

    Adapun total tabungan haji Bank Mega Syariah meningkat lebih dari 13% (yoy) pada Mei 2025. Peningkatan dana ini sejalan dengan jumlah rekening nasabah haji yang naik 5% (yoy) menjadi lebih dari 15 ribu rekening.

    Corporate Communication Division Head Bank mega Syariah Hanie Dewita mengungkapkan per Mei 2025, total tabungan Bank Mega Syariah mencapai lebih dari Rp1,52 triliun. Sementara itu, total dana murah / CASA mencapai Rp 3,64 triliun, tumbuh lebih dari 25% secara tahunan (year on year/YoY). Dengan total tersebut, porsi CASA meningkat dari 28,9% pada Mei 2024 menjadi 33,1%.

    Peningkatan dana murah juga diiringi dengan peningkatan DPK Bank Mega Syariah. Per Mei 2025, total dana DPK non bank yang dihimpun Bank mega Syariah tercatat sebesar Rp 11,31 triliun atau tumbuh 9,38% secara tahunan.

    “Pertumbuhan DPK tidak lepas dari kontribusi nasabah setia kami yang per Mei 2025 totalnya mencapai lebih dari 472 ribu nasabah. Jumlah ini naik 8% dari Mei 2024,” ungkap Hanie.

    Bagikan Berita

  • Berita Menarik Lainnya
  • Pengumuman Pemenang Tahap 2 Program Poin Haji Berkah Mega Syariah
  • Bank Mega Syariah Raih Penghargaan Indonesia Best Financial Awards 2025
  • Pengumuman Klasemen Sementara Balapan QRIS
  • Lihat Semua Berita >>

    PT Bank Mega Syariah

    Kantor Pusat

    Menara Mega Syariah

    Jl. HR Rasuna Said Kav. 19A, Jakarta 12950

    Telp: (021) 2985 2000 (Hunting)

    Fax: (021) 2985 2100

    E-mail: corporate.affairs@megasyariah.co.id

    Layanan Nasabah

    Mega Syariah Call

    (021) 2985 2222

    customercare@megasyariah.co.id

    Ikuti Sosial Media Kami

    Terdaftar & Diawasi

    Bank Mega Syariah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

    *Maksimum nilai simpanan yang dijamin LPS per nasabah per bank adalah Rp 2 miliar

    Karir | Kebijakan Privasi | Pengaduan & Bantuan

    © PT Bank Mega Syariah