Jaringan Kami
M-Syariah
Contact Center
  • Produk

    Individu

    Bisnis

    Simpanan
    Pembiayaan
    Kartu Debit
    Kartu Pembiayaan
    Loyalty & Benefit
    Donasi dan Amal
    Simpanan
    Pembiayaan
  • Digital Banking
    M-Syariah
    Virtual Account
    Cash Management Services
    Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    Bancassurance
    Reksadana
  • Layanan
    BI-RTGS
    SKNBI
    BI FAST
    Bank Garansi
    Transfer Online
    LC & SKBDN
    Safe Deposit Box (SDB)
    Remittance
    ATM
  • Tentang Kami

    Profil Perusahaan

    Profil Manajemen

    Laporan Keuangan Perusahaan

    CSR

    Karir

    Sejarah Perusahaan
    Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    Struktur Organisasi
    Struktur Kepemilikan
    Struktur CT Corp
    Keunggulan BMS
    Penghargaan
    Dewan Komisaris
    Dewan Direksi
    Dewan Pengawas Syariah
    Pejabat Eksekutif
    Sekretaris Perusahaan

    Tata Kelola Perusahaan

    Pelaksanaan Tata Kelola
    Laporan Eksposur Risiko
    Laporan Pengaduan Nasabah
    WhistleBlowing System
    Laporan Tahunan
    Laporan Keberlanjutan
    Laporan Bulanan
    Laporan Triwulanan
    Laporan Keuangan Tahunan
    Laporan Keuangan Induk
    Laporan Tahunan Entitas Induk
    Kebijakan CSR
    Kegiatan CSR BMS
    Mega Syariah Berbagi
  • Artikel
    Berita
    Edukasi & Tips
  • Promosi
x
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Investasi di Deposito Berkah Digital, Dapatkan Extra Berkah dengan Total Benefit Hingga 6% p.a!
Donasi dan Amal
CMS
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Investasi di Deposito Berkah Digital, Dapatkan Extra Berkah dengan Total Benefit Hingga 6% p.a!
Donasi dan Amal
CMS
  • Produk
    • Individu
    • Simpanan
    • Pembiayaan
    • Kartu Debit
    • Kartu Pembiayaan
    • Loyalty & Benefit
    • Donasi dan Amal
    • Bisnis
    • Simpanan
    • Pembiayaan
  • Digital Banking
    • M-Syariah
    • Virtual Account
    • Cash Management System
    • Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    • Bancassurance
    • Reksadana
  • Layanan
    • BI-RTGS
    • SKNBI
    • BI FAST
    • Bank Garansi
    • Transfer Online
    • LC & SKBDN
    • Safe Deposit Box (SDB)
    • Remittance
    • ATM
  • Tentang Kami
    • Profil Perusahaan
    • Sejarah Perusahaan
    • Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    • Struktur Organisasi
    • Struktur Kepemilikan
    • Struktur CT Corp
    • Keunggulan BMS
    • Penghargaan
    • Profil Manajemen
    • Dewan Komisaris
    • Dewan Direksi
    • Dewan Pengawas Syariah
    • Pejabat Eksekutif
    • Sekretaris Perusahaan
    • Laporan Keuangan Perusahaan
    • Laporan Tahunan
    • Laporan Keberlanjutan
    • Laporan Bulanan
    • Laporan Triwulanan
    • Laporan Keuangan Tahunan
    • Laporan Keuangan Induk
    • Laporan Tahunan Entitas Induk
    • Tata Kelola Perusahaan
    • Pelaksanaan Tata Kelola
    • Laporan Eksposur Risiko
    • Laporan Pengaduan Nasabah
    • WhistleBlowing System

    • CSR
    • Kebijakan CSR
    • Kegiatan CSR BMS
    • Mega Syariah Berbagi

    • Karir
  • Artikel
    • Berita
    • Edukasi & Tips
  • Promosi
  1. Berita
  2. Siaran Pers
  • Berita Menarik Lainnya
  • Suku Bunga Turun, Bank Mega Syariah Dorong Pembiayaan Ritel
  • Ubah Transaksi Jadi Cicilan dengan Fitur Easy Spending Syariah Card
  • Ceritakan Ikhtiar ke Tanah Suci, Raih Hadiah Tabungan Haji!
  • Lihat Semua Berita >>
  • Bank Mega Syariah Catat Lonjakan Cashless Transaction Saat Lebaran 2025

    11 April 2025 | Tim Bank Mega Syariah

    Jakarta - Sejalan dengan perkembangan teknologi dan meningkatnya adopsi layanan digital, transaksi non tunai semakin menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Untuk mendukung gaya hidup ini, Bank Mega Syariah terus berkomitmen meningkatkan inovasi produk dan layanan yang memberikan kemudahan, keamanan, dan kenyamanan bagi nasabah dalam bertransaksi.

    Corporate Secretary Division Head Bank Mega Syariah, Hanie Dewita mengatakan banyak nasabah Bank Mega Syariah yang menggunakan transaksi non-tunai saat bulan ramadan dan libur lebaran. Ini terbukti dari transaksi M-Syariah dan Syariah Card yang meningkat di momen spesial tersebut.

    Bank Mega Syariah mencatat peningkatan volume transaksi mobile banking M-Syariah sebesar 30% selama periode Lebaran dibandingkan dengan hari-hari biasa. Fitur transaksi yang paling banyak digunakan selama Lebaran meliputi transfer antar rekening dan bank (54%), transaksi menggunakan QRIS (20%), serta pengisian saldo e-wallet (17%).

    Pada bulan Maret 2025, peningkatan transaksi tertinggi terjadi pada transaksi transfer, yang melonjak hingga 40% dibandingkan Februari. Kemudian transaksi telekomunikasi juga mengalami kenaikan sebesar 28%, Sementara itu, transaksi menggunakan QRIS tumbuh 16% dan transaksi melalui e-wallet juga mencatat pertumbuhan yang solid sebesar 31%.

    “Kami melihat adanya pergeseran kebiasaan masyarakat dalam melakukan transaksi selama Lebaran. Penggunaan layanan digital perbankan semakin meningkat, dan kami terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman transaksi yang aman, cepat, dan nyaman bagi seluruh nasabah,” ujar Hanie.

    Sebagian nasabah memanfaatkan momen Lebaran dengan bijak dengan menyisihkan sebagian dana mereka untuk diinvestasikan ke dalam instrumen keuangan yang aman dan menguntungkan, seperti deposito digital melalui aplikasi m-Syariah. Per Maret 2025, jumlah dana yang ditempatkan dalam deposito online mengalami peningkatan 19% dibandingkan bulan Februari 2025.

    Di tengah lonjakan transaksi yang signifikan, Bank Mega Syariah tetap sukses menjaga kualitas layanan. Sepanjang periode lebaran, aplikasi mobile banking M-Syariah berjalan optimal tanpa kendala yang berarti, memastikan kenyamanan pengguna dalam melakukan transaksi kapan saja dan di mana saja.

    “Kami bersyukur bahwa infrastruktur teknologi yang kami kembangkan mampu menangani peningkatan transaksi dengan baik. Stabilitas layanan merupakan prioritas utama kami agar nasabah dapat terus menikmati kemudahan dalam bertransaksi, terutama di momen-momen penting seperti lebaran,” tambah Hanie.

    Selain transaksi M-Syariah, penggunaan Syariah Card juga menunjukkan tren positif. Selama periode ramadan dan libur lebaran, transaksi Syariah Card meningkat lebih dari 100% dibandingkan rata-rata per bulan di sepanjang 2024 atau meningkat lebih dari 164% dibandingkan periode lebaran tahun 2024.

    Kategori transaksi dengan volume tertinggi mencakup Ritel & Marketplace sebesar 16%, diikuti oleh Pakaian & Busana (9%), serta Restoran (7%). Sektor lain yang juga mencatat transaksi signifikan adalah Kesehatan & Kecantikan (6%), Otomotif & Kendaraan (6%), dan Telekomunikasi (6%).

    Peningkatan transaksi digital tidak terlepas dari upaya Bank Mega Syariah dalam menghadirkan berbagai inisiatif yang memberikan keuntungan lebih bagi nasabah. Salah satunya adalah program cash reward 100% untuk pembayaran melalui QRIS. Selain itu, transaksi seperti pengisian saldo e-wallet, pembelian pulsa, token listrik, hingga pembayaran di SPBU menggunakan QRIS melalui aplikasi M-Syariah juga mendapatkan promo spesial.

    Pengguna Syariah Card pun menikmati berbagai promo menarik selama libur lebaran, termasuk diskon belanja hingga 50% di merchant pilihan. Bagi nasabah yang pulang ke kampung halaman, tersedia diskon khusus untuk pembelian tiket pesawat, kereta, atau staycation selama libur lebaran, serta cashback untuk pembelian BBM di SPBU.

    Bagikan Berita

  • Berita Menarik Lainnya
  • Suku Bunga Turun, Bank Mega Syariah Dorong Pembiayaan Ritel
  • Ubah Transaksi Jadi Cicilan dengan Fitur Easy Spending Syariah Card
  • Ceritakan Ikhtiar ke Tanah Suci, Raih Hadiah Tabungan Haji!
  • Lihat Semua Berita >>

    PT Bank Mega Syariah

    Kantor Pusat

    Menara Mega Syariah

    Jl. HR Rasuna Said Kav. 19A, Jakarta 12950

    Telp: (021) 2985 2000 (Hunting)

    Fax: (021) 2985 2100

    E-mail: corporate.affairs@megasyariah.co.id

    Layanan Nasabah

    Mega Syariah Call

    (021) 2985 2222

    customercare@megasyariah.co.id

    Ikuti Sosial Media Kami

    Terdaftar & Diawasi

    Bank Mega Syariah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

    *Maksimum nilai simpanan yang dijamin LPS per nasabah per bank adalah Rp 2 miliar

    Karir | Kebijakan Privasi | Pengaduan & Bantuan

    © PT Bank Mega Syariah