Jaringan Kami
M-Syariah
Contact Center
  • Produk

    Individu

    Bisnis

    Simpanan
    Pembiayaan
    Kartu Debit
    Kartu Pembiayaan
    Loyalty & Benefit
    Donasi dan Amal
    Simpanan
    Pembiayaan
  • Digital Banking
    M-Syariah
    Virtual Account
    Cash Management Services
    Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    Bancassurance
    Reksadana
  • Layanan
    BI-RTGS
    SKNBI
    BI FAST
    Bank Garansi
    Transfer Online
    LC & SKBDN
    Safe Deposit Box (SDB)
    Remittance
    ATM
  • Tentang Kami

    Profil Perusahaan

    Profil Manajemen

    Laporan Keuangan Perusahaan

    CSR

    Karir

    Sejarah Perusahaan
    Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    Struktur Organisasi
    Struktur Kepemilikan
    Struktur CT Corp
    Keunggulan BMS
    Penghargaan
    Dewan Komisaris
    Dewan Direksi
    Dewan Pengawas Syariah
    Pejabat Eksekutif
    Sekretaris Perusahaan

    Tata Kelola Perusahaan

    Pelaksanaan Tata Kelola
    Laporan Eksposur Risiko
    Laporan Pengaduan Nasabah
    WhistleBlowing System
    Laporan Tahunan
    Laporan Keberlanjutan
    Laporan Bulanan
    Laporan Triwulanan
    Laporan Keuangan Tahunan
    Laporan Keuangan Induk
    Laporan Tahunan Entitas Induk
    Kebijakan CSR
    Kegiatan CSR BMS
    Mega Syariah Berbagi
  • Artikel
    Berita
    Edukasi & Tips
  • Promosi
x
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Investasi di Deposito Berkah Digital, Dapatkan Extra Berkah dengan Total Benefit Hingga 6% p.a!
Donasi dan Amal
CMS
Penelusuran Cepat
Raih Grand Prize Voucher Haji Plus di Poin Haji Berkah Mega Syariah
Wujudkan Mimpi ke Dubai bersama Syariah Card
Investasi di Deposito Berkah Digital, Dapatkan Extra Berkah dengan Total Benefit Hingga 6% p.a!
Donasi dan Amal
CMS
  • Produk
    • Individu
    • Simpanan
    • Pembiayaan
    • Kartu Debit
    • Kartu Pembiayaan
    • Loyalty & Benefit
    • Donasi dan Amal
    • Bisnis
    • Simpanan
    • Pembiayaan
  • Digital Banking
    • M-Syariah
    • Virtual Account
    • Cash Management System
    • Deposito Online
  • Priority Banking
  • Wealth Management
    • Bancassurance
    • Reksadana
  • Layanan
    • BI-RTGS
    • SKNBI
    • BI FAST
    • Bank Garansi
    • Transfer Online
    • LC & SKBDN
    • Safe Deposit Box (SDB)
    • Remittance
    • ATM
  • Tentang Kami
    • Profil Perusahaan
    • Sejarah Perusahaan
    • Visi, Misi & Nilai Perusahaan
    • Struktur Organisasi
    • Struktur Kepemilikan
    • Struktur CT Corp
    • Keunggulan BMS
    • Penghargaan
    • Profil Manajemen
    • Dewan Komisaris
    • Dewan Direksi
    • Dewan Pengawas Syariah
    • Pejabat Eksekutif
    • Sekretaris Perusahaan
    • Laporan Keuangan Perusahaan
    • Laporan Tahunan
    • Laporan Keberlanjutan
    • Laporan Bulanan
    • Laporan Triwulanan
    • Laporan Keuangan Tahunan
    • Laporan Keuangan Induk
    • Laporan Tahunan Entitas Induk
    • Tata Kelola Perusahaan
    • Pelaksanaan Tata Kelola
    • Laporan Eksposur Risiko
    • Laporan Pengaduan Nasabah
    • WhistleBlowing System

    • CSR
    • Kebijakan CSR
    • Kegiatan CSR BMS
    • Mega Syariah Berbagi

    • Karir
  • Artikel
    • Berita
    • Edukasi & Tips
  • Promosi
  1. Berita
  2. Siaran Pers
  • Berita Menarik Lainnya
  • Informasi Maintenance System pada 19-20 Juni 2025
  • Pengumuman Klasemen Sementara Balapan QRIS
  • Suku Bunga Turun, Bank Mega Syariah Dorong Pembiayaan Ritel
  • Lihat Semua Berita >>
  • Bank Mega Syariah Ajak Nasabah Optimalkan Penggunaan QRIS di M-Syariah

    1 November 2023 | Tim Bank Mega Syariah

    PT Bank Mega Syariah (BMS) mengajak nasabah untuk memaksimalkan pemanfaatan Standar Kode QR Indonesia atau Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) melalui aplikasi mobile banking Bank Mega Syariah (M-Syariah). Dengan menggunakan QRIS, nasabah dapat bertransaksi secara cashless dengan cepat, praktis dan aman di berbagai tempat yang terintegrasi dengan QRIS.

    Direktur Utama BMS Yuwono Waluyo mengungkapkan Bank Mega Syariah telah melakukan sejumlah langkah strategis untuk meningkatkan layanan digital bagi nasabah Bank Mega Syariah. Salah satunya, dengan menghadirkan fitur QRIS yang secara resmi diluncurkan pada 1 November 2023. Harapannya dengan adanya QRIS dapat meningkatkan engagement dan memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi perbankan yang lebih cepat dan efisien.

    “QRIS menjadi salah satu milestone dari Bank Mega Syariah yang cukup penting dan ditunggu oleh para Nasabah. Dengan adanya fitur baru tersebut harapannya Bank Mega Syariah semakin menjadi pilihan utama bagi masyarakat Indonesia dalam menggunakan layanan perbankan,” ungkapnya saat peluncuran QRIS M-Syariah di Menara Mega Syariah, Jakarta Selatan, Rabu 1 November 2023.

    Sebelum secara resmi diluncurkan, nasabah Bank Mega Syariah sudah dapat menikmati fitur QRIS di M-Syariah. Pada periode 21 Agustus hingga 29 Oktober 2023, lebih dari 2.000 nasabah M-Syariah telah melakukan transaksi menggunakan QRIS, dengan total frekuensi transaksi mencapai 6.199 kali dan total nilai transaksi sebesar Rp721,14 juta.

    Lebih dari 50% nasabah Bank Mega Syariah menggunakan QRIS untuk pembayaran di tempat makan dan restoran. Sisanya tersebar di berbagai kategori merchant seperti supermarket, rumah sakit hingga toko kosmetik.

    Jika kita melihat transaksi menggunakan QRIS dengan kartu debit, kita dapat melihat tren yang menarik. Pada bulan Oktober 23 , kontribusi transaksi QRIS terhadap transaksi Issuer sudah mencapai 49,8%, kontribusi tersebut hampir menyamai transaksi kartu debit yang sudah lebih dulu digunakan oleh Nasabah.

    “Namun, hal ini tidak berarti bahwa QRIS akan menggantikan sepenuhnya penggunaan kartu debit. Sebaliknya, Bank Mega Syariah memberikan alternatif kepada nasabah, memberikan lebih banyak pilihan dalam melakukan transaksi perbankan,” ungkap Digital Business Group Head Bank Mega Syariah Sigit Suryawan.

    QRIS Merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR code yang telah distandarisasi oleh Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) selaku lembaga standar yang telah disetujui oleh BI.

    Berdasarkan data BI, per Juni 2023 jumlah merchant yang terintegrasi dengan QRIS mencapai 26,7 juta lebih dari 21 juta dengan 91,4% dari jumlah itu adalah usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sejalan meningkatnya pengguna, jumlah transaksi QRIS sepanjang 2022 tercatat sebesar 1,03 miliar transaksi, atau tumbuh sebesar 86% secara tahunan (year on year).

    Dalam rangka mendorong penggunaan dan memperkenalkan fitur QRIS kepada para pengguna M-Syariah, Bank Mega Syariah juga menggelar bazaar launching QRIS M-Syariah yang berlangsung di Auditorium Menara Mega Syariah Lantai 2 dan area Lobby, pada tanggal 1 - 3 November 2023.

    Banyak pilihan tenant di Bazaar QRIS M-Syariah, mulai dari makanan, minuman, dan produk fashion sampai dengan Transmart. Selain itu, Trans Food & Beverages (TFB), yang terdiri dari Wendy’s, Coffee Bean and Tea Leaf, dan Baskin Robbins. TFB dan Bank Mega Syariah akan menghadirkan promo QRIS berupa cash reward hingga 99,99% atau hanya membayar Rp1 , untuk 150 pengguna per harinya.

    M-Syariah

    Bagikan Berita

  • Berita Menarik Lainnya
  • Informasi Maintenance System pada 19-20 Juni 2025
  • Pengumuman Klasemen Sementara Balapan QRIS
  • Suku Bunga Turun, Bank Mega Syariah Dorong Pembiayaan Ritel
  • Lihat Semua Berita >>

    PT Bank Mega Syariah

    Kantor Pusat

    Menara Mega Syariah

    Jl. HR Rasuna Said Kav. 19A, Jakarta 12950

    Telp: (021) 2985 2000 (Hunting)

    Fax: (021) 2985 2100

    E-mail: corporate.affairs@megasyariah.co.id

    Layanan Nasabah

    Mega Syariah Call

    (021) 2985 2222

    customercare@megasyariah.co.id

    Ikuti Sosial Media Kami

    Terdaftar & Diawasi

    Bank Mega Syariah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan & Bank Indonesia serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

    *Maksimum nilai simpanan yang dijamin LPS per nasabah per bank adalah Rp 2 miliar

    Karir | Kebijakan Privasi | Pengaduan & Bantuan

    © PT Bank Mega Syariah